Tuesday, December 30, 2008

more than words

halluu..
deeegghh..
halo..
daah..
sayang..
yang?
met tidur..
sayang kamu..
udaaah..
aku ga mau..
aku serius..
bie..
poq..
ko ga?
dangdut..
bego..
ngeles..
sayang kamu..
banget..
dia ngga..
kamu iya..
ntut..
apa, kamuh, bilang??
kangen aku..
tai..
maaf..
ya uda teserah..
maaf..
bukan itu..
sesek..
sinih kupeluk..
kamu dimana?
abis pup y?
tadi ngomong apa?
diem..
uda..?
geloo..
mana kamu?
ya..
haloo..
mana kamu..
nangis..
seneng?
ga mungkin..
sakit..
kuat?
kangen ta?
enak?
sawa..
milo..
miko..
bauk..
tunggu..
ga bisa..
bisa..
sinih..


Monday, December 29, 2008

mugabe gila

Poor Zimbabwe..


Presiden Robert Mugabe berjanji tidak akan menyerah. Di depan partainya, Mugabe memastikan dirinya tidak khawatir dengan intimidasi yang menginginkan dirinya turun.“Saya tidak akan menyerah, tidak akan pernah menyerah. Zimbabwe adalah milik saya. Saya adalah orang Zimbabwe,” tegas Mugabe. “Zimbabwe hanya untuk orang Zimbabwe. Zimbabwe tidak pernah untuk Inggris, orang Inggris urus saja negaranya.”Pernyataan Mugabe ini membalas pemerintahan barat, yang mengkritik rezimnya sejak krisis kolera di Zimbabwe. “Saya tidak mau diintimidasi. Meskipun kedudukan saya terancam. Zimbabwe bukan milik Inggris.”Jalan buntu antara dua pemimpin ini semakin memperparah kondisi ekonomi maupun sosial rakyat Zimbabwe. Setidaknya 1.100 orang tewas karena kolera dan 20.000 orang telah terjangkit tanpa ada pengobatan yang serius.

Kekacauan ekonomi, ya, Anak-anak adalah korban utama dari kehancuran ekonomi di bawah rezim Mugabe, yang ditandai, antara lain, dengan inflasi 100.000 persen. Ini artinya telah terjadi kenaikan harga-harga sebanyak 1.000 kali, sebuah keadaan yang pasti tidak bisa ditanggung 13,8 juta penduduk Zimbabwe.Membeli setangkap roti saja harus merogoh jutaan dolar Zimbabwe.

Rak-rak di pusat perbelanjaan di Zimbabwe juga sudah banyak yang kosong melompong. Produksi, pemasaran, dan warga dengan daya beli, syarat bagi kelancaran ekonomi semakin punah fondasinya di bawah rezim Mugabe.

”Sekitar 6 juta anak Zimbabwe menghadapi keadaan yang memprihatinkan,” kata Rachel Pounds, Direktur Yayasan Save The Children cabang Zimbabwe. Yayasan ini berbasis di Inggris.

Zimbabwe memiliki harapan hidup, yakni 34 tahun untuk wanita dan 37 tahun untuk pria. Sekitar setengah dari 13,2 juta penduduk Zimbabwe berusia di bawah 18 tahun.

Ya Allah, moga di kasi jalan keluar yang terbaik buat mereka

buat pak Mugabe : ayolah, demi rakyat negaramu sendiri..


(setengah tulisan ini dikutip dari beberapa berita di tempo interaktif.com)


you..



darling, those tired eyes
go with me all the time

and in the dead of night
tell me you will be mine

where do you go to, pretty baby?
where do you go to, when the night winds away?

ask me so sweetly what do I do?

who do I sing for?

well honey I sing about you

you

in bloom blaum

Dan Lihatlah parade asal asalan itu...







Pemilu 2009, katanya milih orang buat jadi legislatif, ma jadi presiden...
Tapi coba de perhatiin di jalan jalan, dari kota sampe pucuk desa,yap pucuk desa,, sangat dipenuhi baliho, poster, pamflet, bla bla bla yang isi nya kaya yang diatas..
Soal poolitik si saya ga ngerti dan ga mau ngerti sbenernya, abis gimana, nyatanya pejabat aneh2 aja tindak tanduknya,, dll, ddlll,,tapi kadang terpaksa peduli,kali ini saya peduli tentang "kenapa desainer poster2 tersebut 'ASAL-ASAL an' dalam mendisain?sangat mengurangi estetika jalan umum.."Kanapanya, adalah:
1. Foto dari caleg/cagub/ca ca yang lain, saya generalisasi, ga ada yang terlihat bagus, ya memang fotogenik atau bukan bukan masalah, tapi y bok di buat bagus kan bisa, pemirsa sering kan liat foto mereka yang kaya di ambil dgn kamera Hp VGA pula,,trus misalnya ada foto 2 orang, masa fotonya beda beda bgt brightness nya?satu.. kaya asal asalan bgt, kaya "nih foto seadanya.." gitu..foto candid aja sering dipake loh..huu!..lama lama kalo adanya foto pas dia lagi pup dipake juga..saran saya sih, kalo mo dibuat gituan si calon pergilah ke studio, pakelah duit partai, fotolah yang bener, yang bagus, baru kasi ke designer balihonya...
2.Kenapa si pake pecis selalu??
3.Monoton bgt desainnya


Mmm, tau ah, klo ttg lainnya saya ga mau urusan (politik t*i kucing)



Thursday, December 04, 2008

not four eyes?

Aneh juga si ya?
cuma ganti nama dari empat mata jadi "bukan empat mata" acara yang sebelumnya diberhentikan izinnya itu bisa siaran lagi..
Tapi,karena saya termasuk penggemar mas tukul( sumpah kalo liat empat mata pasti aku sempet ketawa lepas.. dia gila!), jadi saya persetan dengan keanehan 'nama' acara tadi..

Mas Tukul,, sukses yak!:D

Tuesday, November 25, 2008

rokok dan fakta (lagi)


Biaya Pengobatan akibat Rokok Rp 11 Triliun

  • MUI Akan Keluarkan Fatwa

JAKARTA- Peneliti Lembaga Demografi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), Abdillah Ahsan, mengatakan biaya kesehatan untuk mengobati penyakit yang terkait dengan merokok mencapai Rp 2,9 triliun sampai Rp 11 triliun per tahun atau setara dengan 0,12% sampai 0,29% dari Produk Domestik Bruto Indonesia.

’’Yang memprihatinkan, tahun 2005, rumah tangga dengan perokok menghabiskan 11,5% pengeluaran rumah tangganya untuk konsumsi tembakau, sementara hanya 11% digunakan untuk membeli ikan, daging, telur dan susu secara keseluruhan, 2,3% untuk kesehatan dan 3,2% untuk pendidikan,’’ katanya dalam acara Research Day, di FE UI, Senin (24/11).

Untuk itu, pemerintah perlu menaikkan tarif cukai tembakau untuk mengurangi konsumsi rokok di masyarakat. ’’Tarif cukai tembakau yang tinggi adalah cara paling efektif untuk menurunkan konsumsi rokok. Tarif kita yang cuma 37% kalah dibandingkan Vietnam 38%, Bangladesh 63%, dan Thailand saja 75%,’’ katanya.

Menurutnya, sebuah simulasi menyimpulkan, kenaikan tarif cukai tembakau sampai dua kali lipat berdampak positif bagi perekonomian. Sedangkan prevalensi perokok berkontribusi secara signifikan pada kematian dini. Akibatnya memperpendek umur harapan hidup laki-laki, meningkatkan biaya kesehatan, dan menurunkan produktivitas.

Fatwa Rokok

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengeluarkan fatwa tentang rokok pada forum ijtima ulama komisi fatwa yang diselenggarakan pada Januari 2009.

’’Kita rencanakan akan ada fatwa Januari mendatang, apakah merokok itu bisa haram, makruh, mubah, mukhtalaf (diperselisihkan) atau tawaquf (ditunda),’’ kata Ketua MUI, KH Ma’ruf Amin dalam seminar ’’Fatwa MUI VS Wacana Antirokok’’ yang diselenggarakan oleh PWI koordinatoriat Depag dan MUI, senin (24/11).

Masalah rokok, kata dia, merupakan masalah yang berat karena harus ada hujjah (alasan) yang kuat, dan rentan pro dan kontra karena begitu banyaknya pihak yang berkepentingan.

’’Dengan munculnya berbagai perbedaan sudut pandang di atas serta penafsiran terhadap bahaya merokok bagi kesehatan, para ulama belum sepakat untuk mengharamkan rokok. Hingga kini baru sebatas memakruhkan saja,’’ ujarnya.

Pembicara Muchtar Ikhsan yang pakar paru-paru mengatakan, racun yang terdapat pada rokok merupakan ancaman bagi kehidupan umat manusia. ’’Sebatang sigaret dapat memotong kehidupan kita selama 5 menit. Selain itu asap rokok mengandung 4.000 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogik yang menyebabkan kanker.’’

Dari sudut karsinogenik saja, kata dia, rokok jelas berbahaya. Belum lagi senyawa-senyawa lainnya, bisa menyebabkan impotensi, gangguan janin dan sebagainya. ’’Bahaya rokok, juga diakui oleh industri rokok yang rela memasang peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok,’’ kata Muchtar.

Ketua Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI), Ismanu Soemizan meminta MUI mempertimbangkan fatwa tentang rokok. Pasalnya, 95% dari 6,2 juta pekerja di pabrik rokok adalah umat muslim.

Rokok, kata dia, baik langsung mapun tidak langsung menopang kehidupan hampir 30 juta orang di Indonesia. Mulai dari pemilik pabrik, buruh pabrik rokok, penjual, sampai petani tembakau beserta keluarga mereka.

Dia menilai yang mendorong kampanye antirokok adalah pihak yang bersinergi ingin membuat perekonomian Indonesia terganggu, mengingat begitu besarnya keterlibatan perekonomian dan masyarakat dengan rokok. (F4-48)


(berita utama, harian SUARA MERDEKA edisi cetak tanggal 25 Nov 2008)

Monday, November 17, 2008

he is kamil!


Ketemu Kembaran!!

Ga sengaja,, benar-benar ga sengaja,
pas minggu kmren, saya n teman-teman (bareng aztia juga^_^) makan malem di hokben PIM,
Naah, ktemu deh ma manajer resto ini, yang namanya SAMA PERSIS dengan saya!!Si aztia tiba-tiba aja teriak sambil nunjuk nunjuk " Ih, Kamil!!"-dia memang cukup jeli terhadap semua hal..

hahaha,, saya merasa senang entah kenapa!hehe
baru kali ini saya, ketemu orang yang hidup dengan satu sisi nasib yang sama, yaitu memiliki nama yang indah.. Muhammad Kamil..

horeee!!

udah ah, biasa aja mil -_-

Thursday, November 06, 2008

Rumah Sakit Umum Sinetron




Coba pemirsa perhatikan di semua, semuaaaa sinetron yang sengaja atau ga sengaja stasiun televisi memutarnya, entah karena ideologi atau hanya faktor ‘pasar’ aja. (Secara saya termasuk menganggap sinema elektronik alias SINETRON itu ga lebih baik daripada dengerin orang schizoprenia menjawab pertanyaan 100 dikurangi 5 )
Ironisnya, televisi yang saya lewati selama perjalanan kamar saya ke tempat lain di rumah, selalu aja memutar sinetron –sinetron busuk , yang hanya bisa membodohi dan membodohi lagi, dan parahnya orang-orang dalam keluarga tercinta saya adalah konsumennya (yang dibodohi-red).
Dan kebetulan lagi, saya menemukan satu dari berapa ribu juta kebodohan itu.
“RUMAH SAKIT”
Coba yang belum nyadar, perhatikan, bila ada dalam cerita sinetron bila ada yang kecelakaan, mati, stroke, kanker ganas (ini juga pembodohan teman..lain kali saya jelaskan), dll dll yang kesemuanya itu dalam ceritanya dibawa ke rumah sakit. Bodohnya, selalu tidak ada spesifikasi rumah sakit mana itu. Tidak cerdas sama sekali para sutradara sinetron Indonesia ini. Sering ada skenario : “APA??ANAK SAYA KECELAKAAN??DIMANA DIA??..DI RUMAH SAKIT???OKE, SAYA KESANA.!” Atau “PASTI DIA DI RUMAH SAKIT, MARI KESANA MENJEMPUTNYA..”
Mungkin sekilas itu wajar, tapi mengapa tidak memilih hal yang lebih wajar dan masuk logika dengan menambah nama rumah sakit apa aja di blakang kata rumah sakit, ga salah kan? Dan pasti terdengar lebih ga ‘bodoh’. Contoh saja, dalam Kota Semarang saja, ada lebih dari 10 rumah sakit/klinik yang menyediakan layanan Gawat Darurat,. Apalagi di kota besar, Jakarta, yang menjadi kebanyakan latar belakang sinetron-sinetron bodoh itu.

Coba pemirsa simpulkan sendiri, terutama bagi yang masuk dalam golongan konsumen Sinetron. Cobalah akhiri, minimal mengurangi pembodohan diri ini..

Dan maaf bila saya menulis ini bersama sang emosiwati..

Panitia Solat Ied-nya Payah!!



Sudah dari jaman SD sampe skarang, tiap solad Ied abis Ramadhan, kami beserta keluarga selalu melakukan solat Ied disini. Yap, di Simpang Lima ini..
Dan Sekali lagi saya mengalami kekecewaan pada panitia yang bertanggungjawab akan pelaksanaan Solat Ied yang setahu saya menjadi solat Ied pusat/resmi pemerintah kota Lunpia ini.

Dari Pengaturan Syaf atau barisannya. Panitia hanya menumandangkan lewat megaphone ga jelas itu bahwa pria di situ dan wanita disana. Tanpa mengatur jalur masuk, atau memberi tanda-tanda yang ’ lebih ’ jelas. Harusnya secara pengalaman sekian tahun, puluhan tahun, bahwa tidak mungkin bisa memisahkan antara pria dan wanita hanya dengan cara koar-koar ga jelas lewat megacot.
Sound nya.. Paraaaaaaaaaah! Volumenya pelan untuk mengganungi tempat luas terbuka seperti simpang5 ini. Ditambah pecah juga. Outputnya jadi ga jelas sama sekali. Sangat. Sangat merugikan jamaah.
Ketidak nyamanan lain mungkin bisa ditorelir..

Secara nalar, solusinya mudah saja.
Untuk syaf, panitia bisa turun pada pintu-pintu masuk area solat, mengarahkan para jamaah yang berdatangan dari jalur-jalur masuk tersebut.
Untuk sound, walau saya ga tau pasti, saya pikir sangat memungkin kan untuk meningkatkan kualitasnya. Konser-konser yang sangat sering diadakan di simpang5 ini saja selalu memakai sound kualitas nomor1 yang dapat ‘jelas’ di semua sisi simpang5, sampe keluar-keluar malah.
Dan lain-lain, demi kenyamanan dan kekusyukan ibadah intinya..

Dalam hal ini, pemerintah melalui badan yang ditunjuknya, entah apalah, berkewajiban untuk membuat situasi tersebut tadi lebih baik. Untuk rakyat. Yap,memang sulit jadi pemimpin.

Wuishh, uda kaya politikus aja sayah, hehe..
Uda lama ga nulis y ternyata…

Yah,,

Banyak,, banyak yang yang terjadi..

Salah satunya modem speedy dirumah saya rusak, jadinya y buka internet jadi males gitu dah..

Hehe..

Apa peduli pemirsa y? haha

Wednesday, September 17, 2008

Ga Usa di Baca!




Ga krasa uda stengah lebih bulan puasa lewat. Alhamdulillah lancar puasanya. Blum bosen sama pola bulan puasa yang istilahnya 'lebih terjadwal' dari bulan lain, dari bangun saur, ngaji, subuhan bareng, tidur, bangun jam6 trus langsung siap siap ke kariadi -secara suda ga kuliah gitu loh!haha- , pulang siang-siang panas-panas ngantuk-ngantuk, kadang langsung ketempat temen buat blajar buat nunggu sore dateng dengan kehangatan udara dan kejinggaan langitnya, trus nunggu buka sambil olahraga-olahragaan bakar kalori biar berat badannyanya ga naik ga turun, buka barang keluarga dirumah, trawehan di mesjid sebrang, buka internet, baca-baca tentang penyakit buat diskusi besoknya, trus akhirnya telfon buat ngobrolin kejadian-kejadian dari A-Z sampai mata ga kuat buat melek, saur lagi, dan seterusnya dan seterusnya. Yah, so far saya sangat nikmatin ini.

Sdikit banyak variasi kmaren,
Ada pasien yang suda saya anamnesa(ditanya-tanyain), eh sorenya meninggal, anehnya saya ngrasa biasa-biasa aja tuh (apakah prikemanusiaan dalam diri ini suda setipis rambut?seperti para perawat penjaga ICU itu?hehe). Sebelumnya pasien ibu ibu kesian yang first tim3 ever saya colok dubur-nya yang didalamnya saya raba sebuah massa (kanker), yang dokternya membisikkan bahwa pasien ini uda tinggal "nunggu" aja..hmm, ironisnya dia, salah satu dari buanyak, iya, buanyak pasien lain yang lebih 'kasian' di bangsal kelas tiga itu.. And I'm going to study in this place for 2years..so, harus dinikmatin dari skarang..
Liat bulan, Bulat penuh tanpa awan malam yang menemani, dengan si kelinci yang posisinya gitu gitu aja serta riasan beberapa butir bintang disekitarnya. Jadi kangen sama beberapa hal karena pemandangan indah gratis ini. Pengen naik gunung lagi, dulu, pas pertama naik si bulan itu yang menerangi jalan gelap saya dan teman-teman pendaki lain. Mm, pernah juga beli gorengan ma temen saya sambil jalan diterangin bulan, dan beberapa momen sama dia, (dangdut banget ya saya?haha)
Kmaren jadi sadar juga, ga sengaja dengerin acara rohani, jadi yang namanya output dari doa tuh cuma ada tiga. 1. Dikabulin langsung; 2. dikabulin dengan diberi yang 'lebih' baik(ini kayanya yang paling sering kita rasain); 3. Ditunda pengabulannya, alias disimpen & di bayarnya ntar pas di kehidupan akhirat. Jadi bener-bener ga ada doa yang 'ga dikabulin' ma DIA.. Jadi mari kita ber doa! :D
Selalu aja ada kesalah pahaman, belum cape sih, tapi mungkin memang perlu koreksi dari yang namanya 'hubungan'. Mungkin intensitas yang terlalu sering, terlalu terbuka, terlalu percaya malah manghasilkan ouput yang akhir nya ga ngenakin.. Kadang merasa dikendalikan oleh sesuatu yang harusnya di dalam kendali, kadang pengen ngomong sesuatu tapi terbatas sama posisi dan kondisi. Aksi dan reaksi yang diluar harapan. Padahal semua itu sudah jelas solusinya, tetapi tetep aja seperti ' ngrusak' ketenangan.. hufff, be patience boy!(talk to myself)..hehe, uda nglantur saya..
Tapi kalo liat bawah,,Beeeh,,saya sepertinya suda memiliki semuanya, seeeemuanya..Jadi ga ada alasan untuk jadi sia sia..

Yah, bisa dibilang sekarang adalah fase penting dalam sejarah saya, karier, keluarga, teman, ibadah. Hope evrythin goin's well for me for All. Amiin!

Tuesday, September 16, 2008


METAMORFOSA
Kmaren pas main ketempat nenek saya, kebetulan saya sendirian main kesananya. Jadi si Nenek lebih intim lah ngobrol beduanya dengan saya, si kakek masi asik berkebon, hobinya yang ga mati-mati sampe skarang..
Dalam obrolan kami -membahas masa lalu anak pertamanya, yang kebetulan adalah ayah saya-
Saat tenggelam dalam keasikan tersebut, si kakek yang bergabung sesaat mengambilkan saya beberapa album papa"muda".
Tersimpul senyum yang bertahan cukup lama dalam raut saya ketika melihat isi album-album foto tersebut. Sebagian besar masi hitam putih,cetakan foto oldskul banget dah, juga isi dari foto-foto tersebut yang juga sangat kuno-kuno. Lengkap sekali foto-foto berbau apek tersebut, dari jaman papa bayi, skolah dasar mpe kuliah, kawin, sampai saat papa masi menimang-nimang saya versi bayi.. (umur papa:50th).

Sayang nya papa saya biasa aja gitu nanggepinnya abis saya liatin dirumah. Apa saya yang berlebihan yah?hehe

oya, satu lagi,, papa beda ya sama saya??hehe.. Tapi kata mama nyengirnya sama, dower dower seksi gimanaaaaaa gituu,,hahaha

Thursday, September 04, 2008


SALONPAS



Pas tadi traweh ,, ujan deres,,eehh pas uda selese trawehnya, ujannya pas berenti.

.....menilik-nilik.....

Pas ga ada duit, pas si papah ngasi duit klebihan dengan ikhlasnya :]

Pas ga blajar teori buat ujian karena ga sempet,, eeeh pas ujian soalnya ngulang tahun lalu

Pas nyetirnya lagi kaya orang mabok,,eh pas semuanya tertib, ga nabrak apa apa deh

Pas bolos kuliah penting, pas dosennya ga masuk

Pas butuh IP tinggi biar IPK memenuhi target,, eeh pas Nilainya lagi murah-murahnya

Pas lagi laper gila,, pas mamah bawa makanan arisan banyak

dan pas pas lainnya,,buanyak buanget..


Alhamdulillah
Alhamdulillah

puasa yang bener ni harus,, biar pas teruuus hehe

Tuesday, September 02, 2008



90 % wanita muda Indonesia Merokok..

Riset terbaru mengungkapkan 88,78% dari 3.040 pelajar SMP putri hingga mahasiswi (13-25 tahun) di Indonesia merokok. mereka mengkonsumsi 1-10 batang dalam hidup mereka.



Sunday, August 10, 2008



Sebenarnya ga setiap waktu saya memakai jam di pergelangan tangan kiri saya. Saya sih lebih sering nyaman dengan gelang di tempat ini. Tapi saya bukan berarti tidak mengagumi arloji. Khususnya casio G-Shock. Saya sudah memakai jam dengan brand ini semenjak saya SD, waktu itu dioleh-olehin mamapapa. seiring waktu, saya jatuh cinta dengan arloji, uniknya cinta saya "hanya" pada G-shock.(Arloji lain mah saya ga berhasrat tuh).Sampai sekarang,saya masi memakai G-shock hitam saya yang sudah saya pakai semenjak klas 2 SMA ini. Pengen sih suatu saat, selain koleksi sneakers, InsyaAllah saya akan mengoleksi seri-seri G-Shock lain..Kalo uda punya duit sendiri..AMIIIN!hehe
Bagi saudara-saudara sekalian,, coba kunjungi www.gshock.com dan nikmatilah.. :)



Hahahaaa...
maaf pemirsa saya sedang aneh sehingga membahas cinta..ya memang cinta itu aneh ,,hehe

Yah tapi begitulah...multimeaning kata orang barat, alias banyak definisi..


Semoga semua arti itu ada hikmahnya bagi semua umat manusia..hehe..

opo to mil..ga jelas...

versi beda lagi:

Tejo : "kita tetep temenan kan?"
Tini : " iya,,,teserah kamu..." -nada sedikit mereda -
Tejo : " makasih ya smuanya slama ini"
Tini : " sama - sama "
Tejo : " aku pergi ya.." - membalikkan badan sambil berharap Tini menahannya-
Tini : " ati ati.."
Tejo: -mata berair dan terus berjalan meninggalkan Tini dan terus berharap-
Tini : - pergi meninggalkan Tejo -

The End
Konklusi : Cinta itu ikhlas..

versi lain :

Tejo: -langsung mencium bibir tini dengan binal-nya-
Tini: -kaget-pasrah tak berdaya-
Tejo: -melepasnya dan tersenyum-
Tini: -Tersenyum-amarah hilang-

the end

konklusi: cinta itu nafsu

Friday, August 08, 2008


Beberapa waktu kemudian..

Tini : " Jo,,,itu kamu?? Ngapain bediri disitu??
Tejo : - sudah berdiri slama setengah hari di sebrang rumah Siti..-
" Aku minta maaf... Jangan ninggalin aku.."
Tini : ( Terenyuh, maaf itu timbul dengan sendirinya)
" Jo...kamu ngapain si segininyaa..."
Tejo: "maafin akuu.."
Tini : " Iyaah, sini duduk bareng aku....maafin aku juga uda bikin kamu kaya gini.."
;)

- Suasana mencair seperti sedia kala-

Konklusi : Cinta itu maaf

Monday, August 04, 2008



tejo : " maaf yah.."(tulus bgt)
tini : " yah, akuh maafin,..tapi cukup tauk ajah.." (emosi)
" g usah kita bareng lagih! "
tejo : " ...... "
" kok?........ "
tini : " ini yang ke berapa kali joh ?! aku uda ngrasa ini harus berakhir! "
tejo : " ...... " (mulai kacau)
tini : " udah, urusin hidupmu sendiri!kita g bakal bisa cocok! "

.... to be continue ....

Thursday, July 10, 2008

Just because I'm losing
Doesn't mean I'm lost
Doesn't mean I'll stop
Doesn't mean I will cross

Just because I'm hurting
Doesn't mean I'm hurt
Doesn't mean I didn't get what I deserve
No better and no worse

I just got lost
Every river that I've tried to cross
And every door I ever tried was locked
Ooh-Oh, And I'm just waiting till the shine wears off...

You might be a big fish
In a little pond
Doesn't mean you've won
'Cause along may come
A bigger one
And you'll be lost

Every river that you tried to cross
Every gun you ever held went off
And I'm just waiting till the firing starts
And I'm just waiting till the shine wears off

(Lost-Chris Martin)

"GAUL OPO ORAK??"

ni beberapa Video SMA dulu...buatnya pas hari-hari terakhir skolah..jadi kangen SMA lagi..






Ayam

Seperti pada manusia, anatomi makhluk vertebrata bisa dikatakan sama. Contohnya pada ayam.
Makhluk ber-daging enak yang pasti setiap hari di korbankan untuk memenuhi kebutuhan gizi umat manusiadi jagat raya ini.
Dan Mari kita tilik kesamaan atau bisa kita sebut ke- homologis-an si ayam dengan kita, bangsa manusia.hehe..

1. Batang tubuh
Kerangka tubuh manusia secara sistematis dapat dibagi menjadi 3 bagian besar. Kerangka yang menyusun batang tubuh ( Truncus), yang menyusun ekstrimitas atau biasa kita sebut lengan dan kaki, dan yang terakhir adalah Gelang Bahu dan Pinggul ( Cingulum Membri superior & inferior).
Batang tubuh, terdiri dari Batok kepala (Calvaria) ; susunan tulang-tulang belakang (vertebra);dan Tulang iga (costa & sternum). sama seperti manusia, si ayam memiliki semuanya. Batok kepala yang kebetulan ter-modifikasi rahang dan tulang pipinya menjadi sebuah paruh yang berujung lancip, mungkin karena dia makannya ga make sumpit, secra makanannya berupa cacing dan biji-bijian.
Tulang vertebra ayam memiliki lebih banyak dan kuat pada lehernya (cervical) juga pada ekornya ( cocsygeus) dan memiliki susunan vertebra yang lebih rapat pada dada (thoraks) dan pinggangnya (Lumbal).
Tulang iga ayam mungkin tak sebanyak manusia, yang unik disini si ayam memiliki tulang dada ( sternum) yang begitu besar beserta otot yang melingkunginya yang berfungsi untuk mengepakkan sayap,mungkin homologinya pada manusia adalah musculus pectoralis mayor. - Kita sering menyebutnya DODO MENTOG-
Skapula dan clavicula yang relatif berukuran kecil menghubungkan batang tubuhnya dengan pangkal sayapnya. Berbeda dengan kita yang memiliki otot punggung dan dada yang seimbang besarnya. sedang pada ayam lebih besar di dadanya. Dan ingat, ayam tidak memiliki payudara!!aneh kan kalau ada anak ayam menyusu pada induknya??

2. Gelang bahu dan Pinggul
Manusia memiliki tulang clavicula dan Skapula untuk menyambungkan ekstrimitas atas / lengan dengan batang tubuh setinggi dada. Ternyata si ayam juga memilikinya namun dengan perbandingan ukuran yang relatif kecil karena tadi, tulang dan otot dada lebih mengambil peran menggerakkan sayapnya (manusia seimbang antara dada dan punggung)
Gelang panggul (Pelvis) pada manusia lebih horizontal/datar dari milik ayam, yang menyebabkan si ayam tidak memilik proporsi bokong yang lebih besar seperti pada manusia.

3.Ekstrimitas
Pada ekstrimitas atas yang kalau milik kita sring kita sebut lengan. Ayam memiliki kesamaan yang banyak. Lengan atas berkerangkakan humerus, lengan bawah juga sama terdiri dari radius dan ulna. Nah baru pada susunan tulang telapak tangan (manus) ini yang termodifikasi. Tulang carpal dan metacarpal berbentuk lebih panjang untuk menjadi kerangka dari sayap si ayam. Dan tuklang phalang, yang pada manusia berfungsi sebagai jari tangan, karena ayam tidak memfungsikan jarinya, maka tulang-tulang jari tersebut berbentuk sagat kecil.
Pada ekstrimitas bawah/ kaki. Sama seperti manusia, paha berkerangkakan femur yang bersendi pada pelvis/ gelang panggul. dilanjutkan dengan susunan tulang tibia&fibula pada paha bawahnya(tulang kering dan betis). Keunikannya, femur pada ayam memiliki ukuran yang kecil dan pendekdan tibia fibula yang puanjaaang pisan (kalau kita makan kita sebut paha ayam, kalau anak kecil nyebutnya kentaki fredciken). Jadi kalau disimpulkan, si ayam sebenarnya memiliki lutut yang menghadap ke depan. Sedang yang kita kenal sebagai ceker ayam, kalau pada manusia merupakan tulang-tulang tarsal dan metatarsal ( tumit, engkel, dan punggung kaki) yang bentuknya memanjaang sekali. Lalu mereka memodifikasi tulang-tulang jarinya (phalang) sebagai pijakan pada tanah hidup mereka. Kalo dipikir hebat juga si ayam ini, tidak pernah berpijak pada tumitnya melainkan berjalan pada ujung jari-jarinya. Mungkin para penari balet meniru konsep si ayam ini. Hehe.

4. Organ dalam
Seperti yang telihat di gambar di atas. "jeroan" ayam terdiri atas paru-paru dan jantung yang mengisi dada, organ pencernaan berongga dari esofagus, lambung, usus kecil dan usus besar sampai pada rectum. Organ pencernaan padat mulai dari Hepar/hati/Liver , Limpa, empedu hingga pankreas. Ginjal dan kantung kemih (Rempelo) juga terdapat dalam ukuran yang relatif besar disamping organ pencernaannya juga berukuran besar tidak seperti manusia yang relatif tidak sebesar proporsi besar tubuh. Pada ayam ini juga terdapat organ reproduksi juga dengan ukuran yang besar pula.

Bagaimana pemirsa?Ribet ya penjelasannya?hehe..
Besok kalau makan ayam jangan sambil mikir ya!
Intinya saya iseng membahas ini,haha ;p

Wednesday, July 02, 2008





Chris Martin


Vokalis coldplay ini adalah salah satu idola sayah. Sejak Album pertama mereka(Parachute) saat saya SMA kelas 1 dulu saya sudah mendaulat 'coldplay' sebagai musik yang paling enak didengarkan. Buktinya sampai sekarang saya ga pernah bosan mendengarkan dan menularkan 'coldplay' pada orang sekitar saya..

Chris Martin, bisa dibilang sebagai punggawa di band ini. Sosoknya yang berkarakter membuat saya selalu kagum akan setiap berita tentang dirinya. Pertama, cara dia bermusik, tau sendiri lah penjiwaan dan vokal yang dasyat serta lirik lagu yang dia buat sangat-sangat puitis( sebagian besar lagu coldplay adalah karangannya). Kedua, kehidupan di luar panggung, sosok yang sederhana namun tetap saja memancarkan aura yang dasyat( opotoh mil!hehe), memperistri bintang G.Paltrow yang lebih tua dan lebih ngartis darinya, tidak membuat Chris terjerumus ke dalam kehidupan glamor seperti David Beckham dengan Victoria. Mungkin karakter unik dari Chris dan Paltrow membuat mereka bahagia dengan cara yang 'biasa', bisa kita lihat dari caranya memberi nama pada anak2nya, Apple dan Moses."Of course, marriage to Gwyneth Paltrow changed everything. Suddenly he wasn't just that funny-toothed guy who sang "Clocks." He became the Man Who Went Where Brad Pitt and Ben Affleck Had Gone Before...only he stayed there forever. And what did he do when he got there? Settled down, had a baby and named her Apple...and another named Moses. Weird, we know".

Di tangannya terhias beberapa tanda, menurut sumber: "Politically minded Coldplay frontman Chris Martin provoked questions about the tape on his fingers and lines on his hands. The tape draws the eye to the equals sign, which pays homage to his pet cause, fair trade."

yah, begitulah sedikit gambaran dari idola saya ini..sebenarnya masi banyak yang pengen saya ceritakan, tapi lagi males nulis..hehe..

Tuesday, July 01, 2008

1 Juli 2008.. 20.37WIB

(hehe,lagi iseng, pengen curhat colongan disini..gapapa ya kawan?sekali-kali)

  1. Lagi abis sparing basket ma fk Unisula,,menang sih, tapi ga gitu mantep,,aku main jelek -seperti biasa- haha..
  2. Perut masi krasa penuh Pizza, tadi siang abis ber-paparons- ria..lg ada promo bli 1 dapet1 abis banyak saya,lagi kalap perutnya,hihi..jadinya pas basket senggawa hawa pizzhwa hwa..wagh wagh wagh..
  3. lagi ga ada kerjaan,,kmaren abis ngumpulin artikel KTI saya (ditempat lain disebut skripsi),sidangnya bener-bener masi lama, Agustus coba..jadinya nganggur nih, otak saya jadi dedel lagi..ilmunya pada terbang-terbang..
  4. Kangen kumpul lagi ma anak2 Bolowoyono... (Bolowiyono= persaudaraan sehidup-semati keluarga saya di SMA3)..uda lama saya absen entah knapa hehehe..
  5. Lagi mellow..
  6. kembali lagi ke point3, penelitian KTI saya hasilnya tidak sesuai teori,,tapi mo gimana lagi coba..satu sisi itu hanyalah syarat kelulusan..
  7. Pengen belanja baju... ketularan jiwa para wanita di sekeliling sayah.. mah, kapan nemenin aku mah,eits,bayarin aku mah bli kemeja,sneakers, clana, dll dll ??
  8. Lagi banyak duit, abis dikasi 'lebih' ma papah,,trus besok bakal dpt byrn ngajar akper..Gede tau bayarannya... Ayo Aztia!kita ajojing ngabisin duit!sebelum kamu pergi!
  9. hmm, kita tilik ke nomor 5,, Last nite, she sang A Song, that's make me shocking in love. Yeah,, make me crunk.. although officially that song wa not for me,,,hahhaa...
  10. Kita tilik tilik lagi... Aztia , dia kan critanya udah lulus, diwisuda tangggal 19 besok, abis itu dia bakal pindah, pergi dari semarang..ni hari-hari trakhirnya disini.. Sedih,, temen ajojingnya bakal jauuh...hiks;(
  11. Kembali ke Basket...Mo kjuaraan nih 2 minggu lagi, InsyaAllah ni yang trakhir secara uda mo Koass gituloh hehehehe..Kjuaraannya antar fk se-Indonesia, di Jakarta, yang ngadain fk Ui..JAKARTA KAMI DATANG!!FK UNDIP FIGHT!
  12. huff..masi kekenyangan Pizza..
  13. See u soon............

waktu terus berlalu seiring langkahku,
yang coba tuk lewati hari demi hari..

kadang ku tak mengerti semua yang terjadi
semua saling merindukan, saling melupakan..

(bagian yang hilang-funky kopral)

Monday, June 30, 2008


Senangnyaa... ;)

Tahun ini, tim unggulan saya, memenangkan semuanya!!

Manchester United.
Secara tontonannya liga Inggris (liga-liga lain cuma sekedar ngikutin hasilnya),,tahun ini MU saya berhasil mempertahankan prestasi menjuarai liga,lepas dari tekanan Chelsea,klub nomor1 yang saya benci. Ditambah ketegangan super ketika CR7 gagal mengeksekusi pinalti saat puncak Champions League, lagi-lagi dengan Chelsea. Dan memang sudah takdir, ketika John Terry tinggal masukin tu pinalty,,eeehh,,,kepleset..MU juara deh!Hampir jantungan pas nonton itu saya..

Boston Celtic
Pembelian pemain yang strategis dan tepat dilakukan manajemen pada awal musim ketika Ray Allen (Supersonic) dan Garnett (Timberwolves) mengikat kontrak. Jadilah sebuah tim yang 'SEMPURNA'. Barisan pemain yang rata kemampuannya serta dipadu pengalaman serta ngidamnya semua pemain dari 'juara nba' seperti MVP Paul Pierce,guard Rajon Rondo, Si besar Perkins, House,Posey,Powe ,dll dll juga si tua Sam Cassel dan PJ Brown. Rekor menang kalah terbaik mereka dapat saat Regular season membuktikan 'kesempurnaan'tim ini. Walau pada Play Off mereka seperti 'kesusahan' (vs Hawks 4-3 ; vs Cavaliers 4-3; vs Pistons 4-2) dan akhirnya dengan Super ketat dan emosional, mereka merengkuh juara dunia NBA 2008!!Mantapppp!!!
Terharu saya...

Spanyol
Ya, saya mendukung tim ini karena ini tim kedua saya setelah Inggris -gagal tembus EURO 2008,BEGO!-. Kesempurnaan permainan dan produktivitas gol membuat Spanyol menjadi juara tanpa terkalahkan. Sebuah rekor yang manis setelah mereka 'puasa' gelar selama 44 tahun. Ditambah 9 pemainnya yang masuk jajaran skuad EURO2008 versi UEFA, juga terpilihnya Xavi Hernandes menjadi MVP-nya Euro2008, serta David Villa yang mendapat Sepatu Emas (Top Score).muantap Bung!!;D

Smoga tahun berikutnya saya tersenyum-senyum lagi hahaha

Wednesday, June 11, 2008

DUMB


I'm not like them
But I can pretend

The sun is gone,

But I have a light


The day is done,

I'm having fun

I think I'm dumb
Or maybe just happy,

Think I'm just happy


My heart is broke

But I have some glue

Help me inhale
And mend it with you

We'll float around

And hang out on clouds


Then we'll come down
And have a hangover

Skin the sun

Fall asleep

Wish away

soul is cheap
Lesson learned

Wish me luck

Soothe the burn

Wake me up


Think I'm just happy

I think I'm Dumb


(Kurt Cobain's soul, Nirvana)

Sunday, June 01, 2008


perempuan - girl -wanita - woman - cewek



Hmmmpf.. ;(

"Kakak ga ngrokok? Iiih, kakak ga jantan ah!kalo pria dewasa tu harus ngrokok tau.."
Kalimat yang masih terngiang di kepala saya saat ini, padahal sudah kira-kira 1 tahunan lalu, si Dea, saudara sepupu saya yang imut2 itu,yang masi TK saat dia mengucapkan kalimat "pedas" itu saat Bapaknya menawari saya sebatang Dji Sam Soe....

Cermin dari betapa sudah "mengakar"nya budaya merokok di Tanah Air ini...

Sesuai tema WHO dalam hari anti tembakau sedunia tahun ini (31 Mei) yaitu "The Tobacco-Free Youth"- visit this site, please!- yaitu melindungi generasi muda dari bahaya Rokok. Sebenarnya konsep ini cukup tepat dan cocok, sebab merokok itu pilihan. Biarlah si Tua merokok, menghabisi dirinya sendiri, tetapi mereka juga wajib menghormati si Muda dan si Pasif. Bla bla bla 4x.... -Saya kira semua ngerti-

Cukup rumit..yah, R-U-M-I-T ...
Ga ada data sih, tapi secara ga langsung, keadaan ekonomi di Indonesia membuat untung si Empunya industri2 rokok...Bertambahlah lagi kepusingan para "anti rokok"..
Simple saja -ini murni opini saya loh!- Keadaan keluarga dan lingkungan-perekonomian khususnya- membuat semua kepala keluarga pusing. Nah, di negara kita, maaf saya mengeneralisasi, keadaan psikis berhubungan erat dengan hal-hal yang membuat stres "hilang" a.k.a hiburan,, Nah, kalo hiburan yang paling buat rileks itu.. yaa rokok...R-O-K-O-K.
"Mereka" males menghitung pengeluaran akibat rokok. Hitung saja se bungkus sehari (Rp 4000 -ini baru yang paling murah nih, rokoknya para miskin,yang kerjaannya stress sambil ngrokok, apalagi si kaya yang ber-Dji Sam So-ria), sebulan buat rokok 30 x 4000 = Rp 120.000..Kan mayan tuh buat bayar anak sekolah 1-2 Bulan.. Belum lagi penyakit-penyakit menahun dia dan keluarganya yang terpapar asap..Jutaan rupiah,,J-U-T-A-A-N..
Pola pikir "instan", yang masih dianut lebih dari 50% penduduk Indonesia, membuat 'rokok' semakin kuat meng"akar"..

Pemerintah,saya kira cukup peduli, minimal mereka 'sempat' mikirin sepertinya.. Tetapi, masi ada 100000 lebih masalah yang harus dihadapi dan diselesaikan secara bijak oleh pemerintah di semua bidang.. Boleh dibilang urusan rokok mah belakangan aja..Si Bu mentri kesehatan lebih berkewajiban nylesein masalah Askin, flu burung, TBC, dll dll... Efeknya, rokok semakin 'merajalela' di negeri ini..

Saya, cuma bisa prihatin,, ya,, P-R-I-H-A-T-I-N,,,
Banyak sih ide-ide dan tindakan yang bisa dilakukan..tapi, hasilnya,halangannya,dll dll..semangat ' kami' sering kalah..K-A-L-A-H.. oleh keadaan...yah,,apa boleh buat..

Tapi saya, kami, ga akan berhenti..tetap ga suka rokok.. Ya ga??

Hmmmpff..:(

Thursday, May 29, 2008

7 + 4 = 11

4 + 7 = 11
56 - 15 = 41
90 + 5 = 95
62 + 29 = 91
45 + 45 = 90
47 - 2 = 45
38 -16 = 22
27 + 87 =114
56 - 451 = -395
16 + 24 = 40

Saturday, April 26, 2008

BULAN, oh,, Bulan


Yap,saya termasuk orang yang senang melihat keelokan bulan..Apalagi di saat satelit bumi tersebut purnama. Indah..
Tekstur di kiri bawah bulan,menurut orang Jepang,menunjukkan seekor kelinci dan di kanannya menunjukkan sebuah tempat untuk menumbuk beras. Atau secara keseluruhan seekor kelinci yang sedang menumbuk beras.. Inget kan teman,knapa si pencipta Sailormoon mengumpamakan si sailormoon tersebut sebagai kelinci?
Langit yang cerah dan sunyi menambah keindahannya,,keren lagi kalo pas naik gunung tuh pas purnama,,wuiih..Subhanallah bgt dah!
Saat sebelum subuh,biasanya si Bulan akan tenggelam berlawanan dengan arah matahari terbit,warnanyapun menjadi ke emas an..yang belum pernah merhatiin,besok liat yah!
Bulan itu keren!!
















Lewat genting kaca, bulan itu

menjenguk kembali dan bertanya
"Sudahkah engkau merasa tua?"

Mungkin,ia tak melihat. Di atas bantal
rambutmu rambutku selesai terpintal
ketika sama-sama menari
melepas rumbai-rumbai aksesori

Purnama berikutnya, bulan hanya lewat
dan senyumannya seperti menyimpan
ribuan isyarat, membuatmu tiba-tiba bergumam
seperti menggoda, memancing air mata
"Bulan tak pernah merasa tua
karena sendirian di angkasa..."

Sunday, April 13, 2008


Tentang LUTUT..hehe..

Saya yakin, bahwa masi banyak orang, anda-anda sekalian, manusia-manusia berakal budi, belum pernah menyadari bahwa kucing itu lututnya ngadep belakang!! Sadarlah!!hihi..

Wahai Ahli Biologi, kita harusnya menambah kelas klasifikasi hewan vertebrata berdasarkan arah dari lututnya menghadap..!
Contoh:
  • Belakang-Depan : Manusia, Monyet, kodok, kangguru, Tukul
  • Depan- Depan : Kuda, Gajah, Sapi, Rusa, Jerapah, Kuda Nil
  • Belakang-Belakang : Kucing, Macan, Harimau, Singa, Anjing, Burung, Tirex
  • Lurus-Lurus : Ikan(?), Tikus (???), SpongeBob (?????)
  • Depan Blakang : Monster(!)
Udah Ah..;P
Fiuhh,Bagus,Baguss..

Kemarin saya baru selesai membaca buku ini. Buku berjudul 'Papua, Sebuah Fakta dan Tragedi Anak Bangsa'. Berisi tentang rangkuman dari kisah nyata buku harian seorang dokter (dr.John Manangsang) yang bekerja PTT di suatu daerah (sangat) terpencil di Merauke,Papua. kurang lebih 400 halaman,dengan beberapa gambar dan foto tentang tulisannya.
Satu kata: SERU!
Selain dari segi medis,yang disini ditulis banyak keterangan supaya bisa dimengerti orang awam,ditonjolkan pula sisi sosial dan religi,bahkan sedikit politik.Walau tidak ada klimaksnya,buku ini menyajikan cerita-ceritanya dengan menarik. Sangat menggugah hati.

Saran saya: Bacalah!! :)

Keterangan tentang sinopsis,dll silahkan klik di 'sini'

Tuesday, April 01, 2008



saat tanpamu tak lengkap hidupku
pilu ku kehilanganmu
saat denganmu terasa membosankan
jenuh, semua serba salah

mengapa ini terjadi
dan kuharus memilih

karna denganmu atau tanpamu
ku tak mampu jalani
kisah kita tak menentu
bersamamu tanpamu

saat tanpamu hanya kau
yang mampu mengerti diriku
saat denganmu selalu ada cemburu
curiga, saling tak percaya

haruskah kuakhiri
dan nikmati hidupku tanpamu
atau ku tetap denganmu
dalam hanyut bersamamu

mengapa ku tenggelam dalam dilema
bila ku tanpamu
ku tak ingin bila ku harus memilih
denganmu tanpamu

(Base jam : denganmu atau tanpamu)

Thursday, March 27, 2008







Lawu dan Nadine

tanggal 21 kmaren,libur nasional setengah minggu itu, saya mendaki gunung ke puncak lawu..seperti biasa,tidak lain hanya kepuasan yang didapat setelah kembali pulang istirahat di atas sofa bed -tempat tidur- saya di rumah.

Sdikit unik, sebenarnya perjalanan ke lawu ini tidak jadi, karena Mr.Eri -dosen saya-, yang mengajak beberpa mahasiswa nya untuk nmenin dia muncak (Dia lagi ngidam muncak,beliau berhenti gila muncak setelah anaknya masuk SD,sekitar 15 tahun lalu), beberapa hari sbelumnya membatalkan rencana k lawu tetapi pada hari rabu itu, tiba-tiba saja dia kontek ke anak-anak buat nge-jadiin rencan itu. Dan tau kapan dia maksa kita brangkat? malam harinya!Sontak kami sdikit panik,tapi Alhamdulillah bisa siap dan kita pun berangkat menuju perbatasan Tawangmangu (SOLO) - Magetan untuk start dari pos Cemara sewu, Magetan,Jawa Timur.

Rombongan kami berjumlah 10 orang, dr.Dayat,saya,Danang,Dedi, Ahmad, Aban,tante Eri (Bojonya dr.Eri),dr Eri, serta 2 buah hatinya, Dio(klas 3 SMP) dan Nadine(klas6 SD). Saya kagum dengan keluarga beliau..Seru aja ngelihat sekeluarga naik gunung bareng..ya ga? :)
Memang kami berniat santai,niatnya memang 2 malam menuju puncak,dan target itu terpenuhi,walau diiringi sdikit hujan dan kabut tebal yg berdatangan terus-menerus.

Gunung Lawu, merupakan Gunung yang tingginya kurang lebih 3200m diatas permukaan laut, terdiri dari 6 pos dan 3 puncak (Argo Dalem, Argo Tiling dan Argo Dumilah). Entah karena Ke-mistis-an atau ke- sakral-an gunung Lawu yang terdapat banyak tempat petapaan, dari start sampai pos 6,jalannya telah disusun oleh batu batu gunung.Banyak pula mata air, Sendang panguripan, sendang intan yang sangat indah,dan sendang drajat. Berbeda dengan Merbabu misalnya, yang terdiri dari tanah bercampur batu yang masih alami sekali. Meski begitu, perjalanan menuju puncak Lawu ini,yang berjarak sekitar 15 km panjangnya, sangat curam,,sekitar 2/3 perjalanan kemiringannya 45 drajat..cukup menguras,,sangat menguras..
Kami bermalam di dum dekat warung (kataya ini hanya satu-satunya warung yang ada di puncak gunung di Jawa) lalu saat subuh kita berangkat ke puncak tertinggi Lawu,Argo Dumilah, sekitar setengah jam dari pos6/warung untuk menikmati Sunrise dan puncak-puncak gunung lain bertikarkan awan. Ditimur kami dapat melihat Mahameru, Arjuna dan Wilis dihiasi matahari pagi yang seolah perlahan muncul dibaliknya, di barat tak kalah indahnya puncak Merbabu dan Merapi. Subhanallah..

Adalah Nadine Rawinda, 11 tahun, gadis perawakan kecil imut-imut centil tapi tomboi banget dengan training biru, jaket jatah POPNAS (si Nadine adalah atlet loncat indah Jateng.Keren y!?), sepatu, dan tas sekolah berisikan bekal. Menjadi sosok yang 'ter' di perjalanan ini. Bener2 gila tuh anak. Kuat banget!! Ga umum!! Ga manja! pokonya keren bgt ni anak. Si Bolang bgt dah!
Tebak,dia paling terlihat paling kuat secara fisik dan mental, kami para tetua sering gedek gedek nglihat fisik kami sendiri yang harusnya lebih kuat dan ga ngeluh kaya si Nadine ini..Saya rasa semua nyangka Nadine ini akan jadi penghambat perjalanan,tapi kenyataan sangat berkebalikan.
Pak Eri dan Bu Eri, dikasi makan apa to ni anak ko bisa jadi keren kaya gitu??hehe.

Sekian..









Friday, March 07, 2008

Tuhan Sembilan Senti

Oleh Taufiq Ismail

Indonesia adalah sorga luar biasa ramah bagi perokok,
tapi tempat siksa tak tertahankan bagi orang yang tak merokok,

Di sawah petani merokok,
di pabrik pekerja merokok,
di kantor pegawai merokok,
di kabinet menteri merokok,
di reses parlemen anggota DPR merokok,
di Mahkamah Agung yang bergaun toga merokok, hansip-bintara- perwira nongkrong merokok,
di perkebunan pemetik buah kopi merokok,
di perahu nelayan penjaring ikan merokok,
di pabrik petasan pemilik modalnya merokok,
di pekuburan sebelum masuk kubur orang merokok,

Indonesia adalah semacam firdaus-jannatu- na'im sangat ramah bagi perokok,
tapi tempat siksa kubur hidup-hidup bagi orang yang tak merokok,

Di balik pagar SMU murid-murid mencuri-curi merokok,
di ruang kepala sekolah...ada guru merokok,
di kampus mahasiswa merokok,
di ruang kuliah dosen merokok,
di rapat POMG orang tua murid merokok,
di perpustakaan kecamatan ada siswa bertanya apakah ada buku tuntunan cara
merokok,

Di angkot Kijang penumpang merokok,
di bis kota sumpek yang berdiri yang duduk orang bertanding merokok,
di loket penjualan karcis orang merokok,
di kereta api penuh sesak orang festival merokok,
di kapal penyeberangan antar pulau penumpang merokok,
di andong Yogya kusirnya merokok, sampai kabarnya kuda andong minta diajari
pula merokok,

Negeri kita ini sungguh nirwana kayangan para dewa-dewa bagi perokok,
tapi tempat cobaan sangat berat bagi orang yang tak merokok,

Rokok telah menjadi dewa, berhala, tuhan baru, diam-diam menguasai kita,

Di pasar orang merokok,
di warung Tegal pengunjung merokok,
di restoran, di toko buku orang merokok,
di kafe di diskotik para pengunjung merokok,

Bercakap-cakap kita jarak setengah meter tak tertahankan asab rokok,
bayangkan isteri-isteri yang bertahun-tahun menderita di kamar tidur ketika
melayani para suami yang bau mulut dan hidungnya mirip asbak rokok,

Duduk kita di tepi tempat tidur ketika dua orang bergumul saling
menularkan HIV-AIDS sesamanya, tapi kita tidak ketularan penyakitnya.
Duduk kita disebelah orang yang dengan cueknya mengepulkan asap rokok di
kantor atau di stopan bus, kita ketularan penyakitnya.
Nikotin lebih jahat penularannya ketimbang HIV-AIDS,

Indonesia adalah sorga kultur pengembangbiakan nikotin paling subur di
dunia, dan kita yang tak langsung menghirup sekali pun asap tembakau itu,
bisa ketularan kena,

Di puskesmas pedesaan orang kampung merokok, di apotik yang antri obat
merokok, di panti pijat tamu-tamu disilahkan merokok, di ruang tunggu
dokter pasien merokok, dan ada juga dokter-dokter merokok,

Istirahat main tenis orang merokok,
di pinggir lapangan voli orang merokok,
menyandang raket badminton orang merokok,
pemain bola PSSI sembunyi-sembunyi merokok,
panitia pertandingan balap mobil, pertandingan bulutangkis, turnamen
sepakbola mengemis-ngemis mencium kaki sponsor perusahaan rokok,

Di kamar kecil 12 meter kubik, sambil 'ek-'ek orang goblok merokok,
di dalam lift gedung 15 tingkat dengan tak acuh orang goblok merokok,
di ruang sidang ber-AC penuh, dengan cueknya, pakai dasi, orang-orang goblok merokok,

Indonesia adalah semacam firdaus-jannatu- na'im sangat ramah bagi orang
perokok, tapi tempat siksa kubur hidup-hidup bagi orang yang tak merokok,

Rokok telah menjadi dewa, berhala, tuhan baru, diam-diam menguasai kita,

Di sebuah ruang sidang ber-AC penuh, duduk sejumlah ulama terhormat merujuk
kitab kuning dan mempersiapkan sejumlah fatwa.
Mereka ulama ahli hisap.
Haasaba, yuhaasibu, hisaaban.
Bukan ahli hisab ilmu falak, tapi ahli hisap rokok.

Di antara jari telunjuk dan jari tengah mereka terselip berhala-berhala kecil,
sembilan senti panjangnya, putih warnanya,
kemana-mana dibawa dengan setia,
satu kantong dengan kalung tasbih 99 butirnya,

Mengintip kita dari balik jendela ruang sidang,
tampak kebanyakan mereka memegang rokok dengan tangan kanan,
cuma sedikit yang memegang dengan tangan kiri.
Inikah gerangan pertanda yang terbanyak kelompok ashabul yamiin dan yang
sedikit golongan ashabus syimaal?

Asap rokok mereka mengepul-ngepul di ruangan AC penuh itu.
Mamnu'ut tadkhiin, ya ustadz. Laa tasyrabud dukhaan, ya ustadz.
Kyai, ini ruangan ber-AC penuh.
Haadzihi al ghurfati malii'atun bi mukayyafi al hawwa'i.
Kalau tak tahan, di luar itu sajalah merokok.
Laa taqtuluu anfusakum. Min fadhlik, ya ustadz.
25 penyakit ada dalam khamr. Khamr diharamkan.
15 penyakit ada dalam daging khinzir (babi). Daging khinzir diharamkan.
4000 zat kimia beracun ada pada sebatang rokok. Patutnya rokok diapakan?

Tak perlu dijawab sekarang, ya ustadz. Wa yuharrimu 'alayhimul khabaaith.
Mohon ini direnungkan tenang-tenang, karena pada zaman Rasulullah dahulu,
sudah ada alkohol, sudah ada babi, tapi belum ada rokok.

Jadi ini PR untuk para ulama.
Tapi jangan karena ustadz ketagihan rokok,
lantas hukumnya jadi dimakruh-makruhkan, jangan,

Para ulama ahli hisap itu terkejut mendengar perbandingan ini.
Banyak yang diam-diam membunuh tuhan-tuhan kecil yang kepalanya berapi itu,
yaitu ujung rokok mereka.
Kini mereka berfikir. Biarkan mereka berfikir.
Asap rokok di ruangan ber-AC itu makin pengap, dan ada yang mulai
terbatuk-batuk,

Pada saat sajak ini dibacakan malam hari ini,
sejak tadi pagi sudah 120 orang di Indonesia mati karena penyakit rokok.
Korban penyakit rokok lebih dahsyat ketimbang korban kecelakaan lalu
lintas, lebih gawat ketimbang bencana banjir, gempa bumi dan longsor,
cuma setingkat di bawah korban narkoba,

Pada saat sajak ini dibacakan, berhala-berhala kecil itu sangat berkuasa
di negara kita, jutaan jumlahnya, bersembunyi di dalam kantong baju dan celana, dibungkus dalam kertas berwarni dan berwarna,diiklankan dengan indah dan cerdasnya,

Tidak perlu wudhu atau tayammum menyucikan diri,
tidak perlu ruku' dan sujud untuk taqarrub pada tuhan-tuhan ini,
karena orang akan khusyuk dan fana dalam nikmat lewat upacara menyalakan
api dan sesajen asap tuhan-tuhan ini,

Rabbana, beri kami kekuatan menghadapi berhala-berhala ini.

Friday, February 22, 2008



Between Blood and A Friend

Beberapa bulan ini,sempat terjadi konflik di dalam diri saya. Tentang golongan darah saya yang janggal. Di akte kelahiran, golongan darah saya O. Maklum, bapak saya O sedang ibu A, kakak dan adik saya keduanya A. Nah, panjang cerita, entah salah atau kenapa, saat saya pergi ke PMI yang sedang membutuhkan golongan darah O, saya terkageti dengan hasil tes darah saya oleh petugas yang menyimpulkan saya ini 'B'....WHAT!!(dalam hati saya)....
Lain kisah, 2 minggu lalu saya melakukan sebuah perjalanan luar kota. Kotanya cukup dekat dari kota saya,Semarang. Kalo normal sih 1-2 jam nyampe, tetapi karena tekstur jalanan yang rusak (PARAAAH!!) menyebabkan betapa budregnya para pengemudi melewati jalur-jalur tersebut. Apalagi kalo mengemudi sendirian, ya, saya melakukannya sendirian saat itu. Walo 'misi' ke kota itu berhasil, tetap saja ,so far hari itu menjadi sangat buruk,yang ada hanyalah budreg, budreg dan budreg. Sempurna, malam-hujan deras-macet-wiper kaca depan mobil saya buruk (longgar karena karetnya sobek,KABUR bgt!!)-jalan rusak.

.....................................................................................................................

Atas dasar teori (hukum Mendel-red) bahwa anak dari pasangan yang memiliki antigen sel darah merah tertentu pasti akan memiliki antigen sel darah merah yang tidak jauh-jauh dari kepunyaan orantuanya. Contohlah pada bapak saya,golongan darah O, memiliki anti A&B, dan tidak memiliki antigen pada sel darah merahnya(DNA code-nya OO). Ibu saya, gol.A, memiliki anti B,dan antigen A (AA atau OA). Jadi, mereka hanya memiliki kesempatan memiliki anak dengan gol.O atau A saja (absolut). Disamping hal itu, ada juga kesempatan si manusia untuk bermutasi sehingga golongan darahnya berubah seiring dia tumbuh, tetapi kesempatan berubahnya golongan darah tersebut hanya terbatas pada gol. tertentu,misal dalam kasus saya adalah O atau A saja. Tidak mengelak,setelah kejadian 'ketahuan' itu saya sering kepikiran apakah saya ini benar-benar asli dari ortu saya?Dan saya memutuskan bahwa gapapalah,seandainya bukan juga saya selama ini sangat merasa diperlakukan sebagai 'anak' disini..hehehehehe...
Dan,akhirnya saya memberanikan diri pergi ke salah satu laborat klinik untuk tes gol.darah. Ternyata hasil tes itu sangat meyakinkan dan sangat sangat sangat melegakan!
saya A!
saya benar-benar lega!

Baru saja tadi saya melakukan perjalanan (lagi) ke tempat yang sama seperti sebelumnya.
Yah,kali ini berbeda. Walau jalan yang dilewati tetep sama parahnya,wiiper mobil sudah saya belikan yang baru dan yang paling membuat beda adalah kali ini saya bersama seorang teman.
Sangat saya rasakan perbedaannya. Saya sama sekali tidak merasakan stress kali ini.. Yah,itulah kegunaan teman...

Thursday, January 31, 2008

Perlu ditambah tuh..

Akhir-akhir ini,kebetulan saya sering nonton,..Walau harus diakui bahwa film Indonesia lebih burk dari film asing,tetap saja saya berhasrat untuk pergi ke bioskop mengeluarkan sejumlah uang saku untuk menontonnya. Secara rekor sih jarang saya puas,lebih sering kecewa maksudnya,terutama film horor Indonesia yang secara umum ngga horor samasekali malah terkesan banyak wagunya(hehe,ini semua penilaian saya pribadi loh..).
Film Indonesia sekarang, temanya itu-itu aja. Film horor,liat aja semua jenis hantu di Indonesia jadi judul film dalam setahun kemarin,genderuwo,suster ngesot,pocong,jelangkung,kuntilanak,de el el de el el. Film bertemakan cinta,mungkin ini lebih bervariasi walo tetap mengangkat kisah asmara,tapi tetap ada aja yang kacrut kaya effel aminlov,hart,loviscintak,kangen,de el el de el el.
Film komedi,yah,yang ini,gara-gara sering lucu,jadi saya maklumi mungkin kecacatannya memang sengaja,hehe. Ngga semua film dalam negri jelek, banyak juga yang mnurut saya 'masuk', GIE,Banyu biru,Nagabonar,Jomblo..bagus-bagus ko sebenernya..
Ke-latah-an tema perfilman masi dianut oleh para produser kita. Pas lagi horor,horooor semua,pas lagi cinta cintaaa semua. Mungkin ga nyampe 50% yang berani mengangkat tema yang 'beda'.Entah pengaruh tuntutan pasar ato tuntutan istri.,entah..
Saya juga hanya seorang konsumen yang cuma bisa menilai atas dasar saya sendiri dan sedikit berkomentar..
Ada satu nih yang kepikiran setelah beradu pendapat dengan teman dekat saya,Aztia, kami menyimpulkan bahwa perlu ada tambahan kategori pemenang di festival-festival film di nagri kita. Yaitu,kategori 'Mengumpat/kata-kata kotor terbaik',penilaian bisa dilihat dari ketepatan moment saat mengucap,nada saat diucapkan,dan ekspresi saat diucapkan.

Bisa jadi nominasi:
  1. "Asu tenan" oleh tante girang ompong di 'Quiky Express'
  2. "Asu" oleh Wulan Guritno kepada Tukul di 'Otomatis Romantis'
  3. "Tai&Anjing" yang sering diucap Vino di 'Radit & Jani'


Uda ah,uda malem..dadaaah..

Sunday, January 13, 2008

"standing in the connor..
'en don't know what to do...
look out to my window...
try to warm this mind...
on en on the rain will fall...
like the stars in the sky...
on en on the rain will fall...
how fragile we are...
how fragile we are..."

by a.t

Saturday, January 12, 2008

Kaos oblong polosan, jeans gombrong, sneakers putih.

Setelah membaca salah satu posting menarik di blognya si Raka yang berjudul 'Bahasa Jeans dan Sneakers', saya jadi ingin membahasnya juga disini tetapi yang mo saya bahas sedikit bedalah.. Intinya tentang Apakah penampilan seseorang dapat menunjukkan sifat/tipe/ siapa orang itu?.
Kemarin saya sempat berdebat hebat dengan orang dekat saya, tentang diri saya sih.(hehe,jadi curhat lagi..haha) Si dia beranggapan bahwa orang yang berpenampilan kaya saya itu cenderung memiliki sifat yang bla bla bla...Saya samasekali tidak stuju,kalo kata Tukul sih "Dont jadge de buuk from de kaver!"

Secara subyektif ntuk berpenampilan,dalam hal ini baju dan assesori, kenyamanan adalah nomor satu,bisa diartikan nyaman dalam hal pede dan dipakenya kerasa enak. Hal ini yang membuat perbedaan antara satu orang dengan yang lainnya karena presepsi nyaman tadi datang berdasar pengalaman hidup dan karakter orang tersebut. Contohnya saja cara berpenampilan anak-anak yang pede dengan gaya imo-nya(tulisannya bener ga sih?) atau cara berpenampilan sportif untuk anak-anak olahraga street.
Satu lagi yang menentukan adalah kondisi. Secara obyektif. Penampilan rapih sewaktu datang ke undangan resmi berbeda sekali dibandingkan saat datang main kerumah teman. Musim dingin berbeda dengan di saat musim panas.

Perpaduan antara subyektif dan obyektif tadi, menurut saya dapat dijadikan sebagai salah satu indikasi bagaimana sifat/tipe/aslinya sebuah individu. Saya sebut salah satu,karena masih ada indikator-indikator lainnya,dimana tak ada satupun yang menjadi gold standar indikator penentu sifat seseorang.

Dan mnurut saya, masi ada banyak keanehan dalam cara berpenampilan secara obyektif yang seringnya membuat kenyamanan individu menjadi nomor terakhir. Sebut saja salah satunya, dirumah sakit tempat saya sekolah,ada aturan tak tertulis bahwa sejak koas harus memakai kemeja yang dimasukkan,celana kain, dan sepatu pantofel. Termasuk saya,ada orang-orang dengan karakter terbiasa dengan seperti judul di atas bakal samasekali tidak nyaman dengan norma tadi,terutama sepatu. Untuk kerja bolak-balik jalan jauh muter-muter rumah sakit,masa harus memakai pantofel yang secara umum ga senyaman snekers?Budaya yang nyleneh..

Apakah bahasa jeans dan sneakers bakal berlaku hanya untuk anak muda?
Apakah anak muda yang berpenampilan necis dan enak dilihat menunjukkan dia pasti sering pacaran?
Apakah orang yang sudah mapan lantas boleh berperut buncit?
Apakah orang yang nyaman dengan kaos rada kegedean pasti suka aliran hiphop?
Apakah orang harus merubah 'gaya'nya untuk dapetin cewe yang ga suka 'gaya'nya dan nyuruh ganti 'gaya'?
Apakah harus ganti 'gaya' supaya dianggap?
Apakah jadi diri sendiri itu ga seutuhnya bener?

semuanya tergantung individunya dan sekitarnya.
Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

Wednesday, January 02, 2008


This time is my birthday..
Sekarang saya adalah pemuda yang sudah 22tahun menjalani masa hidup. Sebenarnya budaya di keluarga saya tidak terlalu menganggap ultah sebagai hari penting. Dalam hati saya juga begitu. Tapi ga salah kan kalo saya sedikit mengulas?hehe..

Bersyukur sekali,saya sadar saya ditakdirkan seperti keadaan saya sekarang. Memiliki fisik keren seperti ini(hahaha), punya cita-cita yang realistis, memiliki keluarga yang cukup wajar dan sempurna, keadaan lahiriah yang saya pikir lebih dari cukup, teman-teman yang saya sayangi, kota dan negara tanah air yang cukup cocok dengan jiwa saya. Punya semua itu gimana saya bisa ga merasa tenang dan damai. ya gak? Apalagi kalo dibandingkan dengan yang lain,,saya rasa saya harus sangat bersyukur dan tobat(hehehe..).

Semua yang saya telah lalui,22 tahun ini,yang banyak senengnya 100000x daripada susahnya,membentuk saya menjadi ' kamil ' dan semoga akan menjadi yang sesuai dengan harapan-harapan saya kemaren,sekarang,dan besok. Trimakasih terutama mamah yang paling ' gila ' nuntun saya , keluarga yang lain, temen-temen bolowiyono, temen deket yang lain,temen basket, temen TK,SD,SMP,SMA,sampe kuliah, cewek yang dulu pernah nemenin saya, juga yang sekarang lagi nmenin saya. Idola-idola saya, penyakit-penyakit saya, buku-buku, dan lain sebagainya yang telah membentuk saya menjadi ' kamil '.

thanks, jangan berenti!



I wanna live life,always be true

I wanna live life,be good to you
I wanna fly, never come down
And live my life,have friends around..
We never change,do we?
We never learned to leave
So I wanna live in A wooden house,
Where making more friends would be easy
I wanna live where The Sun comes out..
(coldplay: "we never chage")