Monday, December 29, 2008

mugabe gila

Poor Zimbabwe..


Presiden Robert Mugabe berjanji tidak akan menyerah. Di depan partainya, Mugabe memastikan dirinya tidak khawatir dengan intimidasi yang menginginkan dirinya turun.“Saya tidak akan menyerah, tidak akan pernah menyerah. Zimbabwe adalah milik saya. Saya adalah orang Zimbabwe,” tegas Mugabe. “Zimbabwe hanya untuk orang Zimbabwe. Zimbabwe tidak pernah untuk Inggris, orang Inggris urus saja negaranya.”Pernyataan Mugabe ini membalas pemerintahan barat, yang mengkritik rezimnya sejak krisis kolera di Zimbabwe. “Saya tidak mau diintimidasi. Meskipun kedudukan saya terancam. Zimbabwe bukan milik Inggris.”Jalan buntu antara dua pemimpin ini semakin memperparah kondisi ekonomi maupun sosial rakyat Zimbabwe. Setidaknya 1.100 orang tewas karena kolera dan 20.000 orang telah terjangkit tanpa ada pengobatan yang serius.

Kekacauan ekonomi, ya, Anak-anak adalah korban utama dari kehancuran ekonomi di bawah rezim Mugabe, yang ditandai, antara lain, dengan inflasi 100.000 persen. Ini artinya telah terjadi kenaikan harga-harga sebanyak 1.000 kali, sebuah keadaan yang pasti tidak bisa ditanggung 13,8 juta penduduk Zimbabwe.Membeli setangkap roti saja harus merogoh jutaan dolar Zimbabwe.

Rak-rak di pusat perbelanjaan di Zimbabwe juga sudah banyak yang kosong melompong. Produksi, pemasaran, dan warga dengan daya beli, syarat bagi kelancaran ekonomi semakin punah fondasinya di bawah rezim Mugabe.

”Sekitar 6 juta anak Zimbabwe menghadapi keadaan yang memprihatinkan,” kata Rachel Pounds, Direktur Yayasan Save The Children cabang Zimbabwe. Yayasan ini berbasis di Inggris.

Zimbabwe memiliki harapan hidup, yakni 34 tahun untuk wanita dan 37 tahun untuk pria. Sekitar setengah dari 13,2 juta penduduk Zimbabwe berusia di bawah 18 tahun.

Ya Allah, moga di kasi jalan keluar yang terbaik buat mereka

buat pak Mugabe : ayolah, demi rakyat negaramu sendiri..


(setengah tulisan ini dikutip dari beberapa berita di tempo interaktif.com)


No comments: