Thursday, December 13, 2007



Belajar dan Motivasi

Sebagai pelajar,ya kita otomatis kudu belajar. Definisi belajar menurut kamus ialah 'mengerti sesuatu yang sebelumnya belum dimengerti'. Luas sekali,dan saya coba bahas salah satu jenis belajar yaitu belajar di bidang formal atau biasa disebut sekolah.

Saya setuju dengan kalimat dari M.Jordan,pemain Basket NBA terjaya di eranya,dalam Biografinya bahwa manusia yang tidak memiliki cita-cita adalah mati.Atau bisa kita simpulkan kita ini hidup karena memiliki cita-cita atau harapan,yaitu harapan di waktu yang akan datang setelah sekarang.
Di seluruh penjuru dunia memakai sistem per-sekolah-an untuk standarisasi pengakuan hampir semua profesi. Maka dari itu sekolah jaman sekarang merupakan hal yang sangat wajar.Di sekolah,untuk mencapai tingkatan-tingkatan yang ingin dicapai maka diwajibkan untuk mencapai prestasi individu yang memenuhi standar kelulusan. Biasa disebut nilai. Entah bagaimana si pelajar mencapai target nilai yang diminta,secara umum harus melalui proses belajar.Belajar,bisa dengan berbagai cara,via audio,visual atau cara lainnya. Dan yang menarik disini,dari jaman peradaban manusia muncul,membaca merupakan jalan yang paling dipilih.

Tidak bisa dielakkan,halangan yang bermunculan untuk orang belajar. Pasti orang lebih memilih mencari kesenangan diri seperti dengan membaca komik sampai bermain game misalnya,apalagi anak-anak muda. Untuk itu motivasi belajar adalah mutlak dibutuhkan.

Sudah tahun ke-4 saya merasa beneran 'belajar'(sejak kuliah maksudnya,karena Alhamdulillah sebelum kuliah saya berkesempatan menjadi anak muda yang kerjaannya banyak kecuali belajar,hehe). Kesadaran itu timbul karena disamping saya merasa beruntung mendapat oportunity bisa kuliah ditempat saya sekarang(mungkin didunia ini hanya 1/1.700 anak yang bercita-cita dokter kesampaian kuliah kedokteran,hahaha),saya juga sadar bahwa cita-cita hebat saya ini bisa terwujud bila saya tetap 'sadar'.
Motivasi saya anggap penting selain hal-hal penting lainnya,sebab tanpa motivasi siapa juga yang kuat konsentrasi berjam-jam membaca dan mengerti beribu hal di kuliah saya contohnya.

Setiap orang pasti beda-beda. Kalau saya,,
1.Slogan.
Kata-kata "FIGHT","Impossible is Nothing",dan "Slow is not An Option" memnuhi dinding kamar saya.
2.Idola.
poster Kevin Garnett dan Team Manchester United di kamar selalu menginspirasi.
3.Foto saya yang di modifikasi.
Saya punya foto 4x6 yang saya corat-coret sehingga gambaran saya menjadi seorang dokter.Aneh memang,tapi percaya deh,its work!
4.Kesuksesan Papah.
5.Orang-orang deket.
Ehm,maksud saya smangat dari cewe,,hihi,,Akhir-akhir ini saya deket ma seorang wanita. Dan dia membuat saya lebih semangat. Thx ya 'Tam'.. ^_^
6.dll

Begitulah,mungkin bagi para pemirsa juga sedang semangat-semangatnya belajar. Moga semua lancar dan kita selalu dirundung kesuksesan.
Amiiin!

Monday, December 10, 2007


DURIAN,Sebuah Dilema

Menurut saya Indeonesia memiliki 3 musim,bukan 2 saja. Musim kemarau,musim hujan,dan musim durian.hehe..
Memang belum ada data yang mendukung,tapi saya yakin lebih dari setengah penduduk di Indonesia baik umur produktif maupun tidak menyukai buah lezat ini.Tetapi yang tidak menyukainya pasti terbirit-birit bila mencium bau harum skaligus menyengat Raja Buah ini.

Kontroversial bukan hanya berkisar pada bau dan rasanya saja. Perbedaan pendapat merambah sampai masalah berbahaya atau tidak bagi kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Kebanyakan para dokter melarang pasien yang menderita penyakit darah tinggi atau jantung untuk tidak mengkonsumsi buah ini, dengan alasan bisa mengganggu kesehatan. Tetapi pendapat ahli gizi berbeda dengan para dokter, buah durian adalah buah bergizi bukanlah buah yang terlarang.

Menurut tulisan Prof. DR. Made Astaman, MS, Dosen di Departemen Teknologi Pangan dan Gizi IPB di harian kompas,bahwa komposisi gizi buah durian sangat beragam, tergantung dari jenis, umur buah (kematangan) serta tempat tumbuhnya. Namun secara umum, buah durian mempunyai kandungan gizi yang cukup.

Diluar itu,saya mendapati di sebuah sumber:Setiap 100 gram isi durian (tanpa biji) mengandung 2.7 gram protein, 3.4 gram lemak, 27.9 gram karbohidrat, 40 miligram kalsium, 1.9 miligram zat besi, 150 miligram vitamin A dan 23.3 miligram vitamin C. Zat makanan yang terdapat dalam durian itu memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun dibalik zat yang bergizi itu, durian mempunyai kadar kalori yang sangat tinggi. Untuk 100 gram isi durian bisa membekalkan 153 kalori.
Menurut sebuah penelitian, satu buah durian monthong, isinya bisa mencapai 600 gram, dan kadar kalornya bisa mencapai 978 kalori. Bisa kita bayangkan apa yang terjadi jika kita memakan empat buah durian monthong, atau pun durian jenis lain yang sama ukurannya. Kita akan mendapat tambahan energi yang cukup besar, dua kali kebutuhan perhari rata-rata manusia.

See?jadi mau gimana nih pemirsa?Kalo saya sih asik-asik aja makan durian asal ga kluar duit..
haha..^_^



Monday, November 26, 2007


Pemanasan Global dan Akibatnya pada Penyakit Infeksi

Pemanasan Global, merupakan salah satu isu teramai yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan selain tertangkapnya lagi sang Roy Martin yang beristerikan Anna Maria yang selalu terlihat dramatis. Masalah Global warming ini menyebabkan akibat negatif dihampir smua sisi kenyamanan manusia yang tinggal di dalamnya(Bumi),mulai dari kekacauan iklim,lalu imbasnya pada perekonomian dunia,juga pada bidang sosial dan kesehatan.

Secara pengertian:

Troposfer adalah lapisan terendah yang tebalnya kira-kira sampai dengan 10 kilometer di atas permukaan bumi. Dalam troposfer ini terdapat gas-gas rumah kaca yang menyebabkan efek rumah kaca dan pemanasan global.

  • Efek Rumah Kaca atau Greenhouse Effect merupakan istilah yang pada awalnya berasal dari pengalaman para petani di daerah beriklim sedang yang menanam sayur-sayuran dan biji-bijian di dalam rumah kaca. Pengalaman mereka menunjukkan bahwa pada siang hari pada waktu cuaca cerah, meskipun tanpa alat pemanas suhu di dalam ruangan rumah kaca lebih tinggi dari pada suhu di luarnya.
  • Pemanasan Global adalah fenomena naiknya suhu permukaan bumi karena meningkatnya efek rumah kaca.
  • Gas-gas Rumah Kaca atau Greenhouse Gases adalah gas-gas yang menyebabkan terjadinya efek rumah kaca. Selain uap air (H2O), Siklus Air dan karbon dioksida (CO2), terdapat gas rumah kaca lain di atmosfer, dan yang terpenting berkaitan dengan pencemaran dan pemanasan global adalah metana (CH4), ozon (O3), dinitrogen oksida (N2O), dan chlorofluorocarbon (CFC) atau Perusakan Lapisan Ozon

Disini saya mencoba memandangnya dari sisi dampaknya bagi kesehatan,
bahwa 'Pemanasan Global mengakibatkan meningkatnya kejadian penyakit infeksi'
Bisa dijelaskan peningkatan pemanasan global juga diiringi berbagai bencana alam karena cuaca seperti banjir,badai,dan sebagainya.Lalu terjadilah akibat-akibat buruknya yang mengakibatkan secara langsung peningkatan penyakit-penyakit menular yang sudah berlangganan menjadi endemik di berbagai benua seperti malaria,demam berdarah,juga beratus penyakit lain.Malah daerah endemik itu berkesempatan besar untuk semakin meluas dan sulit dijangkau oleh kontrol. Contohnya saja,nyamuk yang menjadi vektor atau pembawa virus dengue penyebab demam berdarah,sangat mewabah saat kondisi banjir.Anak SD juga tahu.Juga kekurang higienisan para pengungsi misalnya,pasti disertai juga oleh menjangkitnya penyakit-penyakit infeksi akut terutama pada orangtua dan balita yang memang rentan.

Secara data,sangat banyak bukti,kalau tertarik silakan search sendiri,atau buka ini atau itu,

What should we do?Sebenarnya jawabannya banyaaak sekali.Seperti kata A'A Gym(pa kabar A'?);"Dimulai dari Diri,mulai dari yang kecil-kecil,bla bla bla..(hehe,renungin sendiri deh..)

Monday, October 29, 2007



Duduk atau Jongkok??

Buang air besar,pub,menabung,boker,e'ek,dan masih banyak aliasnya lagi,adalah kegiatan yang pasti secara rutin manusia lakukan. Saya tidak ingin membahas tentang bentuk-bentuk dari benda yang kita keluarkan tersebut karena jarang sekali ada yang kuat dekat-dekat dengan benda tersebut. Disini saya ingin menyinggung dengan bagaimana cara yang paling tepat untuk melakukan kegiatan tersebut.

Setiap kebudayaan memiliki cara yang berbeda,mulai dari posisi sampai cara membersihkan daerah sekitar lobang keluarannya di tubuh kita.Seperti di Indonesia yang umumnya memakai air untuk membersihkan,lain dengan di Jepang maupun di Barat sana yang menggunakan tissue.

Nah yang masih menjadi kontroversi(sebenernya ngga kontroversi sih), di negara kita ada sebagian yang memakai tipe yang jongkok dan satu lagi yang tipenya duduk(terutama di kota-kota). Lebih baik yang manakah??

Saya sendiri kebetulan lebih nyaman duduk karena memang kebiasaan dari kecil sepertinya,selain itu saya ga bisa jongkok karena ga ngerti sendi lutut saya 1menit jongkok aja udah ga kuat,merasa sakit. Tetapi terkadang saya lakukan karena sebagian besar Wc menyediakannya yang jongkok.(huh!ga adil!)

Menurut saya,secara teori untung rugi dalam kedua posisi tersebut cukup berimbang.Misalnya saja jongkok lebih higienis daripada duduk.Tetapi kenyamanan pasti lebih didapat dengan posisi duduk. Untuk ambeien(hemoroid) kedua posisi ini menurut banyak penelitian tidak berpengaruh.Jadi,untung rugi sama saja kan?Tergantung individunya lebih cocok bagaimana..iya gak??Bagaimana menurut anda??

Tadi siang si Chika,teman saya di kampus,berdiskusi dengan saya mengenai hal ini.Kebetulan dia adalah pengikut posisi jongkok.Dan katanya lagi sensasi 'lebih' bisa lebih didapat saat dia melakukannya dengan posisi jongkok di toilet tipe duduk.Terasa berada di ketinggian dengan suara "plung" yang lebih indah katanya..hehehehehe...(peace chikaa..;p)

Saturday, October 27, 2007


Saya dan Melati

Susah kalo dijelasin .. dari SMP kelas dua dulu uda kaya 'klop' aja,mpe skarang,walo cuma satu skolah pas SMP doank abis itu dia pindah-pindah kota dan finally netep di Jakarta,jauh dari kota saya..
yaah kira-kira 7-8 tahun hubungan kita seperti ini..

Kalo sekedar temen si ngga,lebih lah,,
kalo dibilang pacaran ngga juga,ga segitunya,seperti yg smua kira,but,wadever,,
saling nyatain prasaan: slalu..
Dibilang sahabat juga mungkin rada lebih..
Sering juga dia cerita cowonya cemburu atas ini,,tetep aja ga ngrubah apa-apa..pas itu saya punya cewe juga cemburu bgt ma melati..

Pengennya sih hubungan ini bakal trus kaya gini and ga bakal brubah,ga kurang ga lebih,tapi semua terserah yang ngaturNya lah yang penting terbaik...(ya ga mel..?)


Pernah pas SMA,pas dia pindah dari Semarang ga bilang tiba-tiba ngilang gitu,,kira-kira 1tahun..saya hampir nyerah nyari dia dimana..diakhiri kebahagiaan saya yang sangat pas dia telfon..(mel,aku masi inget bgt!setengah kesel setengah lega kamu masi melati-ku)




Emang ga setiap saat,ga tiap hari kita contack,,dia punya hidup sendiri,saya juga dengan dunia saya yang absolutely berbeda..but,I knew that she knows me better,hope u feel I know u better either..
Setahu saya kita sepaham ttg hubungan kita ini...

mm,,
-kehabisan kata-kata-


twinkle twinkle little star,
how i wonder what u are..
twinkle twinkle little star..
nyanya nyanya nyanyanyaaaa..

Sunday, October 21, 2007






















Short journey but ,sure,that makes me both exhausted and reborn ..

Sabtu malem kmrn, saya dan 4 temen saya,anak-anak bolowiyono(tedy,megak,dundunk dan kewan) akhirnya pulang ke rumah masing masing dengan kelelahan yang sangat. Kami berlima pulang dari sebuah perjalanan yang mungkin biasa bagi para pemuda usia 20-an seperti kami,pulang setelah berhasil sampai ke puncak Gunung Merbabu.Perjalanan seperti ini memang menjadi agenda kami dalam menghabiskan masa-masa muda kami,dan yang ini adalah awal dari yang InsyaAllah akan kami lanjutkan dengan perjalanan-perjalanan ke puncak gunung2 lain di Jawa.. Lawu-Sumbing-Slamet-dan InsyaAllah yang terakhir Semeru..We gonna reach them All! Amin

Ini kali ke2 saya memuncaki merbabu..tapi yang kali ini,entah sebagai ujian atau cobaan,saya merasa sedikit berat atas halangan-halangan yang terjadi selama perjalanan..tetapi seperti orang yang berhasil memuncaki gunung pada umumnya..saya,dan (saya yakin) teman-teman merasa hebat setelah pulang. Saya dan Dundunk benar-benar heran dan terpana sendiri di basecamp di desa Tekelan,ketika berbalik dan terdiam sejenak memandangi betapa tinggi dan 'sangar'nya gunung yang baru saja kami taklukkan..

Sedikit cerita,kami berlima berangkat dari Semarang naik bus patas AC Semarang-Solo pada sore hari Jumat,19Oktober.Molor kira-kira2 jam dari rencana semula karena sempat menunggu Dundunk yang dari lahir memang susah ontime.Turun di perempatan pasar sapi Salatiga,lalu naik angkot ke arah kopeng.Pak Supir angkot yang baik itu menurunkan kami persis di depan pintu masuk Taman Rekreasi Umbul Songo kira-kira 17.30wib. Atas kebegoan saya,yang menjadi pemimpin perjalanan kali ini karena saya satu-satunya yang pernah naik merbabu ini dari ke-lima orang rombongan saya,ternyata kami salah turun,hehe,harusnya kami nyari angkutan lagi yang menuju desa tekelan tapi kami terlanjur di desa yang terletak sedikit dekat di Desa tujuan kami.Terpaksalah kami jalan kaki,mungkin bisa dibilang dekat kira-kira ga nyampe1kilo atau 30mnit jalan kaki biasa.Tapi karena medan yang nanjak bgt,tedy tiba-tiba terjatuh dengan muka yang sangat pucat di tengah perjalanan awal ini.'Yah,ko pertama aja uda tewas si ted??gimana mo sampe puncak?'suara hati saya dengan nada pesimis.
Dengan sabar akhirnya kami sampai pada Basecamp setelah satu jam.
Kami menyiapkan semuanya di basecamp,memasak mirebus,merapikan bekal-bekal,buang air,solat,me-recover tedy,dsb. Kami berangkat pada 20.30 wib. Kewan lupa bawa lampu center,sedang center nya tedy tiba-tiba rusak.kami berlima memulai perjalanan dengan 3center,logistik cukup,fisik yang entah kuat ato tidak,dan mental kuat.

Jalur perjalanan kami ini terbagi-bagi menjadi 4post lalu puncak ke1,puncak ke2,ke3 sampai dengan puncak ke7.Disebut 'seven summit'.Kami diberi peta mengenai perjalanan oleh penjaga basecamp yang berisikan perkiraan jarak tempuh dan waktu tempuh dari setiap pos dan puncak,juga mengenai pantangan-pantangan yang dianjurkan untuk kami hindari seperti memakai pakaian berwarna merah,mengeluh,mesum,nyampah,dll. Kira-kira ada 4-5 rombongan @5-10 orang yang naik malam itu. Cuaca sedikit berkabut dengan hujan kabut yang turun dengan intensitas kadang-kadang.

Perjalanan pertama,kami melalui jalan setapak yang tidak terlalu menanjak tetapi panjang(1km) yang kanan kirinya terdapat sawah-ladang penduduk lokal.Sampailah pada pos pending1 yang terdapat satu-satunya mata air yang dapat kita ambil airnya(perjalanan selanjutnya benar-benar ga ada air!rada gila memang..).Kita beristirahat sebentar untuk kesekian kalinya d disini. Lalu kami melanjutkan perjalanan ke pos ke2 di pereng putih(seperti tebing batu raksasa yang sering kita lihat di film-film silat cina) yang terdapat di sisi kanan kita dimana kirinya adalah jurang.Yap sampailah pada pos ini stelah dalam perjalanannya kami sempat tersasar masuk ke jalur sungai yang kering yang kami kira jalan stapak,untung saja ada rombongan yang terlihat mengedip-ngedipkan center mereka pada kami saat kami belum jauh tersasar. Alhamdulillah.Kami beristirahat kira-kira stengah jam disini,hujan kabutpun turn sedikit deras sebentar.Kami lanjut menuju pos pending ke 3 yang terdapat di dalam hutan campuran.Saya benar-benar ingat kami sampai disini tepat tengah malam.Kami sepakat istirahat sekitar 1jam disini untuk mengumpulkan energi yang benar-benar terkuras tadi dan mulai memakai sweater dan jaket,sarung tangan dan celana panjang kami karena udara dingin sudah mulai menusuk tubuh hangat kami,apalagi dengan kami beristirahat,dingin pasti sangat mudah menyerang.Satu jam berlalu,Tedy yang tidur dengan mengerutkan badannya bak orang mati,mega dan dundunk yang bertiga menjadikan tubuh saya sebagai bantalnya.Kewan dengan suara ngorok-nya di dalam sleepingBagnya di kanan saya.Kami mulai terbangun dari keterjagaan,badan saya yang sangat menggigil membuat saya sangat semangat membangunkan teman-teman untuk segera melanjutkan perjalanan kami.
Dalam perjalanan ke pos pending ke-4 yang masi terdapat di hutan.Kami ber4 akhirnya bergantian membawakan tas carier tedy,supaya dia tetap kuat melanjutkan perjalanan ke puncak dengan tanpa beban di punggungnya.Sampailah pada pos4.Sedikit jalan mulai terbuka,langit gelap pun mulai menerangi kami lagi setelah kegelapan lebatnya hutan menyelimuti kami. dari sebelum pos 3 tadi. Sekali dua kali saya,yang berjalan di paling belakang,mendengar suara-suara yang mungkin hanya ilusi dari gulitanya hutan dibelakang saya,entahlah..

Jalan mulai terbuka,angin berhembus membawa dingin,menguapkan keringat kami. Kami seperti berjalan di tepi gunung yang kanan kiri terdapat hamparan langit.Kaki gunungpun indah terlihat lampu-lampu desa yang mengelompok,di jauh sana terdapat ribuan lampu yang kami sepakat itu adalah kota salatiga,indah sekali.dan kami tertegun kembali ketika bersama sama memandang langit yang terdapat ratusan bintang dan tiba-tiba kami kecuali mega sontak berteriak 'bintang jatuh'! ya,kami melihat bintang jatuh bersama-sama.kecuali mega.hehe..Oya,lucunya si tedy tiba tiba minta berhenti untuk buang air besar,hehe.Dan setelah itu,dia terlihat segar padahal sepanjang perjalanan mukanya sangat suram.Ternyata ini toh penyebabnya ..hehe.. Dan jalan yang kami hadapi adalah batu-batu yang terjal.

Sekitar pukul4kurang,kami berteriak-eriak kegirangan!Terutama si Dundunk.Lain kali biasa aja dunk!!Kami sampai pada puncak1 petapan(2730m ketinggian).Diseberang kami terdapat Batu besar yang disebut watu Gubuk'.Batu basar yang terdapat lubang di dalamnya yang kira-kira bisa dimasuki 3-5 orang.Konon disini adalah pusat kerajaan gaib di merbabu,sehingga ada peringatan untuk tidak melanggar pantangan disini. Kami memang berencana membangun tenda dan nge-camp disini.Sekitar setengah jam dengan semangat kami membangun tenda,hawa dingin tidak membekukan kegirangan kami. Sunrisepun datang..muncul seperti pelangi dan ufuk merah,Foto-foto!hehe.Terlihat pula Puncak-puncak gunung lain,Sindoro-sumbing,Ungaran,Telomoyo..Dan terdapat awan di bawah kami yang berlari mengitari dataran.Tedy langsung tepar didalam tenda,kami solat subuh dan masak-masak.
Suara angin kencang terdengar jelas seperti suara air terjun.

Saya dan Kewan terus saja memandang puncak2 yang terdapat menara diatasnya.Semua juga pasti heran 'sapaa coba yang bangun menara itu'.. Saya dan Kewan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan di pukul 6 pagi ini,Mega,dundunk dan tedy tidur beristirahat di tenda. Kami hanya membawa diri kami tanpa membawa bekal apa-apa kecuali sebotol air minum untuk kami berdua nanti.Sumpah,perjalanan dari puncak-ke puncak sangat ekstrim. Angin yang sangat kencang mendukung kegetiran orang-orang yang melaluinya.Kanan-kiri jurang bung!kita hanya melewati jalan terjal(kira0kira45-60 derajat kemiringan) yang lebarnya sekitar3-5meter.Tapi pemandangannya,jangan ditanya!AJIB!
Puncak 2 (sekitar3000m ketinggian) dinamakan 'watu tulis' entah mungkin karena hanya terdapat batu-batu putih di track nya..Setelah itu kami sampai pada menara.Benar-benar gila!menara setinggi 25meter-an di pucuk merbabu yang luas daerah datarnya hanya sekitar20x20meter persegi!!Nafas saya mulai pendek-pendek,pengaruh dari tipisnya oksigen disini.Puncak3 Geger Sapi yang kelihatan sedikit jelas diseberang,Mulai dimakan sekelompok kabut.Ini toh yang dinamakan badai kabut..
Kami terdiam memikirkan apakah akan melanjutkan perjalanan atau tidak..melihat kondisi tracck yang sepertinya lebih parah(track anatara puncak2-3 dinamakan'jembatan setan') dan badai kabut,serta kondisi kami yang mulai ga kuat(hehe,alesan) kami akhirnya cuma foto-foto dan balik ke tenda di puncak satu. Kami meluncur dengan hati-hati..Subhanallah,betapa kecilnya manusia.
Lain kali saya akan sampai k puncak7!

yap,sampai ketenda,saya sempat kelelahan dan tertidur sekitar1jam..Lalu kami mulai beres2 dan memulai perjalanan pulang. Panas terik,angin pegunungan yang sejuk,dan debu tanah tandus menjadi perpaduan yang menemani jalan turun kami. Si kewan akhirnya jalan duluan ke basecamp karena kebelet buang air besar,kami berempat berjalan setengah bermalas-malasan dengan lutut kami yang tertekan sepanjang perjalanan yang curam.Untung kami ditemani juga oleh pemandangan yang indah di kanan-kiri kami.

Tak terasa kami sampai dan beristirahat sejenak di basecamp dan pada pukul15wib mulai perjalanan pulang ke Semarang dengan beralih dari angkot ke angkot..Hanya ada lelah..

Selamat datang Semarang,kami baca dari dalam Bus Ekonomi Semarang-Salatiga yang kami tumpangi pada pukul19-an. Kami turun di daerah banyumanik dan naik taksi carteran ke rumah saya,dimana teman-teman menitipkan kendaraannya disini..

Saya mandi-mandi,solat-makan,dan langsung tepar.Tepar banget..Sofa bed,tempat tidur saya serasa seperti kasur di surga,hehe,opo jal..

Yah begitulah sedikit ceritanya dari banyak pengalaman kami kemarin.
Setiap langkah kita,mengandung seribu cerita yang sering tak bisa diungkap,mendorong kita terus memahami dunia dan pencipta-Nya.

Oya, ni ada beberapa situs buat yg pengen tau Naik gunung di Indonesia tu kaya apa..
: http://merbabu.com/
http://www.gappala.or.id

Tuesday, October 09, 2007


'no distance left to run'

(originally my handmade..hehe,iseng-iseng berhadiah..)

Friday, October 05, 2007









Hand/Bag??


Handphone
,seperti kita tau sekarang benda yang saya sebut tadi telah bergeser menjadi kebutuhan primer yaitu sebagai salah satu sarana utama telekomunikasi di zaman ini.Dapat dilihat dari gambar-gambar yang saya kutip di atas,dari pelosok,remaja,sampai pasangan yang sedang selingkuh memakai handphone.

Termasuk saya yang menganggap handphone sebagai sarana utama untuk komunikasi jauh penting sekali. Tetapi akhir-akhir ini saya sedikit diuji atau sebal dengan (biasanya) para kaum hawa yang (selalu) menaruh Handphone mereka di dalam tasnya.Ya,dengan tekhnologi getarnya,panggilan di handphone dapat dirasakan walau di dalam tas,apalagi kalau volume nada deringnya juga cukup.
Nah,yang ada sekarang,mereka sering tidak (atau mungkin tidak sengaja) merisaukannya yang saya kira itu akibat dari lokasi handphone yang jauh dari 'radar' si pemilik. Terjadilah hambatan dalam arus komunikasi-informasi. Terkadang saya juga kena akibatnya,karena mamah saya dan kakak saya yang menjadikan hand-phone menjadi Bag-Phone.

Yuk mari kemon kita berantas bag-phone untuk menjadi hand-phone lagi..!

Thursday, October 04, 2007




( Kanye West -Hey mama- )

Hey Mama, I wanna scream so loud for you, cuz I'm so proud of you
Let me tell you what I'm about to do, Hey Mama
I know I act a fool but, I promise you I'm goin back to school
I appreciate what you allowed for me
I just want you to be proud of me, Hey Mama

I wanna tell the whole world about a friend of mine
This little light of mine and I'm finna let it shine
I'm finna take yall back to them better times
I'm finna talk about my mama if yall don't mind
I was three years old, when you and I moved to the Chi
Late December, harsh winter gave me a cold
You fixed me up something that was good for my soul
Famous homemade chicken soup, can I have another bowl?
You work late nights just to keep on the lights
Mommy got me training wheels so I could keep on my bike
And you would give anything in this world
Michael Jackson leather and a glove, but didn't give me a curl
And you never put no man over me
And I love you for that mommy cant you see?
Seven years old, caught you with tears in your eyes
Cuz a nigga cheatin, telling you lies, then I started to cry
As we knelt on the kitchen floor
I said mommy Imma love you till you don't hurt no more
And when I'm older, you aint gotta work no more
And Imma get you that mansion that we couldn't afford
See you're, unbreakable, unmistakable
Highly capable, lady that's makin loot
A livin legend too, just look at what heaven do
Send us an angel, and I thank you,Mama

Forrest Gump mama said, life is like a box of chocolates
My mama told me go to school, get your doctorate
Somethin to fall back on, you could profit with
But still supported me when I did the opposite
Now I feel like it's things I gotta get
Things I gotta do, just to prove to you
You was getting through, can the choir please
Give me a verse of "You, Are So Beautiful To Me"
Can't you see, you're like a book of poetry
Maya Angelou, Nicky Giovanni, turn one page and there's my mommy
Come on mommy just dance wit me, let the whole world see your dancing feet

I guess it also depends tho, if my ends low
Second they get up you gon get that Benzo
Tint the windows, ride around the city and let ya friends know,Mama

Tell your job you gotta fake em out
Since you brought me in this world, let me take you out
To a restaurant, upper echelon
Imma get you a jag, whatever else you want
Just tell me what kind of S-Type Donda West like?
Tell me the perfect color so I make it just right
It don't gotta be Mother's Day, or your birthday
For me to just call and say

Hey Mama..






Foto:Karangan bunga kado ultah dari saya buat mama saya tercinta,5-10-2007.
(Alhamdulillah mama suprise&seneng kukirimin bunga,hehe..)

Monday, October 01, 2007



Saya sedang senang!!Ada 2 hal,pertama saya berhasil meng-colouring nike oldschool kesayangan saya dan yang ke-dua buku rangkuman Anatomi Otak bikinan saya dan teman saya akhirnya resmi diterbitkan!haha

Nike oldschool saya dahulu berwarna putih polos,salah satu sepatu impian saya yang kebeli,singkat cerita tibalah masa dimana sepatu ini memasuki masa hancurnya karena ke-ekstriman saya dalam menggunakan jasanya.Kebetulan saat saya meratapi nasib spatu tersebut, nontonlah saya acara fenomena di trans7,kebetulan lagi persis mengangkat tema 'sneakers'(saya menganggap saya salah satu sneakers-mania).Terinspirasilah lobus frontal otak saya,yang secara langsung mempengaruhi limbik dan hipotalmus saya untuk menghasilkan banyak ACTH yang menstimulasi korteks adrenal untuk menghasilkan adrenalin sampai titik optimalnya.Singkat cerita,dengan bermodal cat minyak adek saya yang masih SMA(cat spatu mahal dan susah didapat di pasaran) Saya berhasil mengecatnya dengan penuh ekspresi!Dan jadilah paduan warna yang eksotis skaligus fenomenal bila dipakai: Orange-Hitam-Kuning!
Banyak yang bilang norak setelah saya pakai buat ke kampus,,namun hati saya tetap bangga sekaligus bahagia karena tidak kehilangan Nike putih(yang sudah sangat coklat) dengan merubahnya menjadi S4 'Silky Shiny Smooth Shoes'..

Tentang Buku terbitan saya, maksud saya kami, berjudul "Rangkuman Anatomi Susunan Saraf Pusat" oleh Dedi Winarto,Setyadipayana,dan (saya sendiri) Muhammad Kamil. Pertama saya dan Dedi,adek klas saya,sama-sama dari SMA3,sama-sama Basket,sama-sama hitam,hehe,dan sama-sama mengabdi di sebelah kamar mayat, memiliki ide untuk membuat ringkasan ttg SSP(sistema saraf pusat) yang kami kira anak-anak rada sukar dapetin sumber bacaan untuk mudah dimengerti.Kami sepakat,membuat kerangka,mengatur jadwal deadline per-bab-nya,dan mengatur pembagian tugas mengetiknya.Ternyata capek juga buatnya..salut buat para pengarang buku-buku tebaaal,ga pegel tuh mas??
Lalu Mas Ade(Setyadipayana) datang dengan bantuan moril spirituil materiil dan cemil-an nya.Datang membantu kami sehingga dengan semangat kami juga mengikut sertakan beliau di cover kami.Huff,dan terbitlah buku kami,penerbitnya sekaligus tempat buku ini bisa dibeli,PT.Fotokopi MP.Walau ditujukan untuk kalangan terbatas,hanya untuk adek-adek yang blajar di lab.anatomi Undip,saya banggaaaaa banget ma buku ini.Moga berguna.Amiiiinnnnnnnnn!

hehe,sori saya rada nyombong hahahah..

Saturday, September 15, 2007




Jempol kaki saya,,

nama ilmiahnya 'hallucis valgus congetinal'


,,lucu juga ya bentuknya...hehe

Thursday, September 13, 2007



Ngga krasa
tiba-tiba uda masuk bulan puasa lagi..Masuk suasana yang dimana-mana orang mikirin ibadah.Satu sisi enak suasana kaya bulan puasa gini,traweh di mesjid,buka&saur bareng,pada berlomba jadi orang baik,trus ntar pas mo lebaran kumpul kangen-kangenan ma kluarga besar,pokoknya beda lah suasananya ..khas banget dah..
Met bulan puasa,moga semuanya dikasi lancar!Amiiin..

Monday, September 10, 2007


Berhenti Merokok??Bisa ngga sih??

Sekedar informasi aja,diatas ini adalah skema siklus adiktif dari rokok yang merupakan salah satu jawaban mengapa secara teori orang sulit berhenti dari kebiasaan merokok.

Nah,Ada berita bagus nih!Kebetulan Sabtu kemarin saya hadir dalam Seminar sehari yang diadakan IDI&Pfizer(perusahaan obat) bertemakan "Solusi Berhenti Merokok" dimana merupakan launching produk obat untuk berhenti merokok pertama di Indonesia.

Ialah 'Champix
TM yang kandungannya verenicline tartate,yaitu zat yang berfungsi memutus siklus adiktif di atas tadi dengan menempati reseptor nikotin dan mengurangi produksi Dopamin.Katanya sih dalam 12 minggu dapat membuat berhenti total,dengan perasaan 'sakau' yang hampir ga ada.Katanya juga menurut penelitian uji obat di banyak negara hasilnya sangat memuaskan.Untuk info detailnya search aja di google ato di http://www.champixinfo.co.uk/.
Oke!

Semoga bermanfaat.

Thursday, September 06, 2007








Indonesian Reality show?


Walau tidak semuanya,saya benci sekali dengan beberapa program reality show di indosiar dan di beberapa stasiun tv lainnya.Saya sebut saja sekarang saya sangat muak dengan MAMAMIASHOW!
Terus terang 3 dari 5 anggota keluarga saya (ngerti kan,saya dan papa-saya tidak mungkin). Mereka(para wanita anggota kluarga saya) selalu menyetel stasiun tv 'tersebut' saat acara 'tersebut' sedang berlangsung.Tak tanggung-tanggung lebih dari seminggu sekali dan sekali tayang lebih dari 3 jam.Secara pengalaman saya sudah tidak kuat menontonnya lebih dari 5 menit.

Mulai dari para peserta yang minta ampun noraknya,entah salah dirinya atau sang ibundanya yang bak kerasukan ingin mempopulerkan putri kesayangan masing-masing(dan mempopulerkan dirinya),dan entah bagaimana nasib sang ayah.Padahal secara fakta acara ini hanya bermotif bisnis pertelevisian melihat ke-ironis-an pasarpecinta acara tidak bermutu ini.Lihat saja AFI,KDI,IDOL,BoyBand Indonesia,,yang semuanya hasil dari ke-latah-an stasiun-stasiun tv atas reality show,,mana outputnya?hanya segelintir saja yang mampu bertahan di dunia entertainment...Secara masa depan,,nol besar!

Sistem eliminasinya yang dibuat se-dramatis mungkin bagai kehidupan Sponge Bob Squarpants di nicklodeon. Tangisan seperti mau kiamat kehilangan segala kehidupan dunia-akhirat di esok harinya bila tereliminasi.

Segala skenario memuakkan di luar panggung yang dipenuhi dengan iklan terselip yang terlihat terang-terangan numpang ngiklan.

Para pendukung,yang saya kira bagian dari keluarga atau teman-temannya yang sebenarnya tidak sungguh-sungguh menyukai subjek yang mereka dukung.

Para juri yang sebenarnya tidak penting toh yang menentukan adalah hasil per-pollingan sms. Saya kira tujuan keberadaan para juri hanya untuk menghabiskan dan mengulur jatah waktu tayang.

Dan para pecinta acara tersebut,yang setia dengan menghabiskan waktunya,menghamburkan pulsanya untuk sms polling,dan tak jarang membuang airmata saat kedramatisan eliminasi memuncak..

ugh,betapa muaknya diri saya..

Mamah,Kakak,dan Adik saya yang termasuk korban dan televisi dirumah yang saat nyetel acara tersebut suaranya terdengar nyaring sekali menusuk nusuk..Dan seluruh masyarakat yang menjadi 'korban'..

Tolonglah..

Thursday, August 30, 2007








Hmm,,PRENGUSSSS,,
Setelah saya cermati,mempertimbangkan dan menilai serta mendiskusikannya dengan teman-teman, maka pada akhirnya saya memutuskan untuk mengeluarkan hipotesa(belum teori) bahwa kita(orang-orang yang pernah di sekeliling saya) melakukan hal-hal yang tersirat di foto-foto saya di atas. Saya simpulkan,kita suka memcium bau-bauan diri kita sendiri(contoh:bau ketek,bau di kemaluan,hehe,sory) dimana baunya khas untuk diri kita sendiri dengan cara yang khas pula. Yaitu dengan empat jari berjejeran tanpa jempol.
Yang jadi pertanyaan,mengapa ga make cara lain ya?make jempol apa make dua jari doank gitu?
Dan sepertinya kita ga usa nyari jawabannya.


kok saya ga jelas ya?

Tuesday, August 28, 2007


SINDROM MASUK KULIAH(lagi)



Sudah hampir dua bulan,saya libur total,tepatnya meliburkan diri setelah memutuskan cuma ikut sp satu mata kuliah yang saya cuma dateng pas ujiannya(dan bejo-nya lagi nilainya naik!haha).Baru kali ini saya kaya gini,biasanya kemaren-kemaren saya ikut sp-nya banyak akibat ip pas2an bgt. Jadinya dari Juli ampe akhir2 agustus ini saya berkonsentrasi pada dolan(dolan=main) dengan hal-hal yang berhubungan dengan kuliah sebagai sampingan yang samping banget.hehe..
Mungkin saya ga sempet ngisi liburan ini dengan kegiatan yang level ke-fantastis-annya tinggi,alias biasa2 aja sebenarnya.Dari nonton bola Indonesia di Jakarta,paintball di gunung pati,muncak merbabu,survey seharian di kopeng,nge-camp di gedong songo,ujian sp fisika,nglaju ke jogja,rafting di magelang,dan trakhir INsya Allah saya mo bertamasya ke Wonosobo weekend ini.Tapi liburan kali ini adalah yang 'ter' di hidup saya,terutama keberagamannya.Banyak yang berkesan.
Tak lupa manusia2 yang mewarnai masa2 libur saya ini.temen2 Boshoc(Bolowiyono Shampoo Club,kalo ga salah si itu kpanjangannya,pokoknya ini geng saya SMA!),MALADICA(mapala nya kampus saya), keluarga saya dan terutama sahabat saya,Melati.

Dan,akhirnya,sampailah pada hari-hari trakhir saya libur.Temen2 liburan saya di atas satu-persatu balik ke daerah perantauan masing2 untuk melakukan 'rutinitas'nya lagi.
Yap,rutinitas,sangat berbeda dengan 'liburan'.Saya,maksud saya,kita,bakal kembali melakukan hal2 yang sangat berguna untuk masa depan,kuliah,kerja,ngekos lagi,bangun pagi lagi,latihan basket lagi,ngerjain tugas lagi,pisah sama pacar yang LDR lagi..dan lagi2 yang lainnya.

Satu sisi memuakkan berada di posisi hari2 menjelang akhir liburan seperti ini.Itu yang saya rasakan sekarang.Satu sisi lagi prioritas menuntut kita kembali ke 'rutinitas' tersebut.

huff.. ;(


keterangan foto: model:Pak Tris(penjaga kampus)

Saturday, August 18, 2007


Kita dan Indonesia




Mumpung skarang masi hawa-hawa tujubelasan,saya pengen mengungkapkan sedikit tentang "kecintaan kita terhadap Indonesia".
Indonesia,negara yang luas,keliatan gede di peta dan bola dunia. Sumberdaya Alam yang dasyat,sampai jadi rebutan mulai abad16-an sampe jaman Perang Dunia. Nilai Sejarah yang keren di setiap daerah,dari Kutai,Mataram dengan prambanan dan Borobudurnya,Sriwijaya dan Majapahit,sampe Keraton-keraton yang masi ada.Keindahan alam yang 'lengkap'.Dan tak lupa orang-orang Indonesia yang beratus juta ragam.

Indonesia,yang dalam tahap pembangunan,negara berkembang,hidup dan selalu pengen dan berusaha bangun.Dan memang masih banyak yang bobrok.

Indonesia,dimana paling gampang nyari makanan jenis apapun,dan murah..

Saya yakin secara fitrah dan naluri,semua orang Indonesia ,memiliki rasa cinta terhadap negara ini.Wajar kalo kadang khilaf lupa akan basic itu.Kadang emang kita lupa nyadar,hehe

Pas itu,nyanyi Indonesia Raya di GBK pas Indonesia-Korsel,jujur saya gemetar,
Indonesia keren!

Friday, August 17, 2007





GUE?





"Kalo gue...nah,lo gimana?"terus terang kalimat seperti itu membuat saya jadi males dengernya.
Memang saya ga bisa men-generalisasikan reaksi perasaan saya ke setiap orang dengan kalimat seperti itu,baik langsung atau ga langsung saya dengar.

Ya,saya termasuk salah satu orang yang ga setuju,kata kata "gue-Lo" dipakai di dalam bahasa sehari-hari orang-orang di sekitar saya,Jawa Tengah umumnya,Semarang khususnya.Saya mengutip dari kata bijak: 'Ga penting dari mana kamu berasal,melainkan Dimana kamu berada.' ...
Saya setuju dengan kalimat tersebut.

Faktanya,di Semarang,kota saya,masi ada pemakaian 'gue-lo' oleh para pemuda-pemudi Semarang atau pendatang yang aslinya masi dari jawa tengah yang jauh dari daerah asal 'gue-lo'.Risih sekali mendengarnya,apalagi dengan logat medog.Dan orang orang yang aslinya atau tumbuh di daerah asal 'gue-lo',tetap saja memakai kata-kata tersebut untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang bukan 'gue-lo'.Dan di radio-radio 'gaul' di Semarang yang saya males nyebutnya satu persatu,para dj selalu membawakan clotehan siarannya dengan taburan 'gue-lo'.Saya muak sekali ketika teman kampus saya yang aslinya Tulung Agung,membiasakan diri dengan 'gue-lo' untuk berkomunikasi di kampus.
Geli saya.
Apa yang mereka inginkan?mempertahankan budaya-nya dengan tidak mau beradaptasi kah??mau menjadikan Semarang menjadi kota 'gaul' dengan menganggap bhs.Jawa sebagai budaya katrok??Merasa dirinya lebih 'gaul' dengan itu?Beralasan terbiasa kumpul dengan teman-teman pendatang?(harusnya anda yang menulari mereka,wahai orang jawa!) Merasa merdeka dengan hal itu?Merasa nyamankah?

Oke kalo penganut prinsip d atas melakukannya di daerah asal 'gue-lo'.Tapi bukan di sini!

Tujuan saya mengungkap ini adalah untuk mengkritik orang-orang tersebut,yang saya masukkan dalam kelas 'sok'. Hormatilah budaya Semarang,tempat anda berada.
Dan bagi orang yang aslinya bukan 'gue-lo' tolong pertimbangkan untuk tidak memakainya lagi di sini,Semarang.

Monday, August 13, 2007

wanita...kapan aku menemukanmuuuuu....???

hehe


kapan- kapan yo rapopo denk....

hehe

Sunday, August 05, 2007

ROKOK dan INDONESIA

Indonesia,salah satu negara berkembang yang perkembangannya bisa di anggap lamban dibanding negara lain khususnya negara negara di asia tenggara.Yap,banyak faktor,oke,kita memiliki SDM yg secara kualitas sederajat secara global,saya yakin itu.Tp kuantitas tidak sebanding dengan yang memiliki kualitas istimewa.Kita,yang200juta lebih,bandingkan dengan Malaysia ato Singapura.Jauh.
Contohnya aja,saya baca di sebuah sumber bahwa jumlah dokter di Indonesia jauh lebih banyak dari Singapura,but sama sekali ga sebanding ma jumlah penduduk kita.Di sana jumlah tenaga dokter kelebihan!di Indonesia,tetep aja kekurangan,apalagi di pelosok.Miris liatnya.

Rokok,satu benda fenomenal,sangat fenomenal.Saya baca di koran SuaraMerdeka 3hari ini,bahwa 4dari5orang teratas dari orang-orang ter-kaya di Indonesia adalah pemilik prusahaan 'rokok'. Bisa disimpulkan bahwa Indonesia adalah tambang emas bagi yang namanya bisnis rokok. Ironis ga sih?itu pertanyaan saya.

5%petani di Indonesia,yang negara Agraris,adalah petani tembakau.Ditambah lagi buruh pabrik rokok di negara kita juga pasti ga karuan banyaknya.Itu baru dari sisi industri rokok.
Ingat,bahwa betapa pondasi negara kita sekarang adalah industri rokok tersebut. Total!!Olahraga,Musik,Pendidikan,Sosial,media massa,dunia iklan,dan lain sebagainya.

Ada anggapan bahwa politik barat juga turut campur dalam industri rokok dan kampanye antirokok.Rumit sekali jadinya kalo itu benar.


setidaknya menurut Global Youth Tobacco Survey 2006 versi WHO, yaitu 37,3 persen pelajar laki-laki dan perempuan di Indonesia mengaku pernah merokok serta 24,5 persen pelajar laki-laki bahkan telah menjadi perokok aktif.

Nah,sebenarnya ga usa kita bahas juga semua tau bahwa bangsa ini satu sisi tergantung dengan 'rokok' tapi satu sisi lagi pengen lepas dari ketergantungan itu. Gimana caranya?
Ini pertanyaan yang bisa di argumentasikan secara panjang tanpa jawaban yang pasti.

Menurut saya,salah satu caranya dengan memutus rantai,memutus regenerasi perokok aktif.Dan hidup saling menghormati antara perokok aktif dengan yang tidak (antirokok,yang g boleh kena rokok,dll) merokok.

PMM FK UNDIP

Thursday, August 02, 2007


NTUT


Cirine wong seko entute
o Wong sing ORA JUJUR
Wong sing nek ngentut terus nyalahke wong liyo.
o Wong GOBLOG
Wong sing ngempet ngentut sampai jam-2-an.
o Wong sing JEMBAR WAWASAN'E
Wong sing ngerti kapan kudu ngentut.
o Wong sing SENGSORO
Wong sing pengin banget ngentut ning ora iso ngentut.
o Wong sing MISTERIUS
Wong sing nek ngentut wong liyo ora ono sing ngerti.
o Wong sing GUGUPAN
Wong sing ujug-2 nyetop entute nek pas lagi ngentut.
o Wong sing PERCOYO DIRI (PD)
Wong sing ngiro nek entute dhewe ambune mesti wangi.
o Wong sing KEJEM (SADIS)
Wong sing nek ngentut terus dikibasno nang koncone.
o Wong sing ISINAN
Wong sing nek ngentut terus ke'isinan dhewe.
o Wong sing STRATEGIS
Wong sing nek ngentut ning ngarep'e wong lio iso nylamurke entut'e nganti wong lio ora kepikiran maneh.
o Wong sing BODHO
Wong sing nek bar ngentut terus ambegan njero-2 dienggo ngganti entute sing metu.
o Wong sing GEMI
Wong sing nek ngentut metune diatur sethithik-2.
o Wong sing SOMBONG
Wong sing seneng ngambu entute dhewe.
o Wong sing RAMAH
Wong sing seneng ngambu entute wong liyo.
o Wong sing ORA RAMAH
Wong sing nek ngentut malah mendhelik lan ngamuk-2.
o Wong sing KE-KANAK-2-AN
Wong sing senenge ngentut nang njero banyu ben iso ngematno munine blekuthuk-2.
o Wong sing ATLETIS
Wong sing nek ngentut karo ngeden.
o Wong JUJUR
Wong sing ngakoni nek awak'e bar ngentut.
o Wong PINTER
Wong sing iso niteni ambune entut wong lione.
o Wong SIAL
Wong sing dientuti terus karo wong lio.
o Wong sing KURANG KONTROL DIRI
Wong sing nek ngentut mesthi katutan ampase.
o Wong sing ORA IKHLAS
Nggak mambu entute dewe wong liya sing mambu muring- 2.
o Wong sing GEMI
Wong sing menowo ngentut metune swara entut di- endat-2 dadi ping 7.
o Wong sing SOK AMAL
Wong sing menowo ngentut metune dibrolno sak ampase.
o Wong RA NGGENAH Angger ngentut silite ditempeli terompet ben samsaya banter swarane.
o Wong RA UMUM
Yen ngentut dilagokake.
o Wong PENSIUNAN PRAJURIT
Yen ngentut di-penggak-2 kareben swarane kadya unining bedil.
o Wong RA SABARAN
Wis ngueden methuthut ra muni entute malah bole sing metu.
o Wong SOLO / YOGYA
Entute aluun banget dawa lan sajak ndandang gulo.
o Wong RADUWE GAWEAN
Ndiskusekake soal entut (kayata sing maca).
Tambahan :
Wong GENDHENG :
Wong sing ngamati ciri-2-ne wong liya saka carane ngentut.......hehehehehehe

Wednesday, August 01, 2007


Life and Basketball


Olahraga. Kebetulan saya suka itu. Bapak saya dan keluarga besarnya setahu saya ga pernah olahraga,maksudnya mereka gak menekuni olahraga apapun untuk dijadikan hobinya.Sebaliknya Keluaraga ibu saya yang 7 bersaudara itu,hampir semuanya gemar berolahraga,kakek adalah pemain bola,salahsatu paman saya bekas atlet balap sepeda(g tau denk tapi,hehe..),dan mama dulu atlet voli gt katanya...

Mungkin darah olahraga,maksudnya ke-kuli-an tersebut,mengalir di tubuh saya.Yap,saya suka olahraga.Ga semua nya si..(ya iyalah!). Jaman SD saya kerjaannya renaaaaang terus,kalo di sekolah kerjaannya di lapangan lari2,kaya anak SD.hehe. Trus SMP,abis liat filmnya Michael Jordan feat BugsBunny,yang judulnya Squad apaaa gt...lupa...Saya jadi suka permainan basket,kbetulan pas itu SMP saya,SMP3 SMG,basketnya maju.Jadinya saya ikut ikutan latian meski ga pernah masuk tim sekolah.Ditambah lagi,ada kakak kelas(yang deketin saya gr2 PDKT ma kakak saya Soraya),dia anak basket.


SMA,saya memutuskan untuk menekuni basket,tiap hari basket,ngobrolin basket,makan basket,tidur basket,boker basket,hahaha,opo jal...
Yah seperti yang lain,Mama Papa ga suka saya terlalu aktif nekunin olahraga,mereka dari saya lahir pengen ngebentuk saya sma kaya papa,dokter,bukan Jordan.
Namanya anak muda,tetep aja,hehe,saya malah rajiiin bgt latian di klub Kumala Jaya,terus terang saya masi kangen ma keadaan latihan disitu.Uda lama bgt ni g main main lag k sana..
Kangen lagi ma moment2 bareng tim SMA,susah ngejelasin betapa keren-nya keadaan itu..sampe semua dikorbanin buat basket....

Kuliah,smester pertama saya masi aktif di klub,ikut ukm/timnya Undip,tapi itu g bertahan lama,dengan berbagai alasan yang beruntun,ada patah tangan lah,IP cuma 2,orangtua makin semangat nglarangnya,dll.Saya mutusin untuk cuma basketan di kampus aja,ngebela tim FK aja..Sampe sekarang,awal tahun ke-4 saya kuliah..

Yah,begitulah ceritanya,Basketball menjadi basic saya,meski masi bego di lapangan,meski jauh bgt dari kata 'jago',meski karir basket saya sudah dipastikan mentok disini saja,saya cinta basket.Hampir tiap hari since SMP mpe skarang,saya masi ngebayangin betapa indahnya bila saya bisa beraksi di lapangan,selalu kangen ma bunyi "slupp" pas bola masuk nglewatin jaring...
Kadang kepikiran mo ngubah status d account fs,jadi 'in relationship' ma bola basket..
tapi ngga ah,emange aku kentir...Saya tetep bercita cita jadi dokter!hehe

Tuesday, July 31, 2007


Akhirnya...

Setelah semua orang deket nglarang,setelah banyak keraguan dalam diri,setelah nglewatin tanjakan yang ga karuan selama 6jam,setelah keringat terus menguap karena dingin berhembus,dan setelah setelah yang lainnya..

Saya,Muhammad Kamil a.k.a. Ambon a.k.a TamTam,berhasil ngelihat Indahnya Sunrise di puncak Merbabu...
Dan pulang ke rumah dengan kelelahan yang indah..
(hehe,maaf sengaja saya dramatisir,,haha..)

Sunday, July 29, 2007
























GAPAPA kok,
mas Bambang...

Tepat pada penyelenggaraan Piala Asia Kemarin, kebetulan saya ada keperluan di Jakarta yang menjadi kota penyelenggara Piala Asia tersebut. Dan,siapa sih yang ga cinta dengan tim nasionalnya?Saya yakin,sebenci-bencinya manusia Indonesia pada persepakbolaan Tanah Air,pasti dalam hatinya terdapat harapan dan kecintaan pada Timnas Sepakbolanya!
Itu saya buktikan pada tanggal 18 July kemarin,saya bersama rombongan teman teman saya dari Semarang,nonton langsung Laga Pamungkas INDONESIA-KOREA SELATAN di Stadion Utama Glora Bung Karno,di Senayan,Jakarta.
Saya benar benar bergetar kala seluruh penonton yang katanya berjumlah 80.000 orang,yang terdiri dari pendukung tim Merah Putih itu,semuamya berdiri dan bernyanyi bersama sebagai satu suara saat Indonesia Raya,lagu kebangsaan kita,di lagukan.Bayangkan!baru kali ini saya bernyanyi bareng puluhan ribu orang!huff..

Yap,kita memberikan apa yang bisa kita berikan demi kejayaan Timnas kita.Meski kalah,dan tidak lolos penyisihan.Tapi setahu saya Tim Indonesia di Piala Asia kali ini adalah yang terbaik yang pernah saya tau.Sesuai yang tertulis di media-media,bahwa Timnas kali ini yang tetrbaik dalam dekade terakhir.Dan saya bangga menjadi pendukung tim ini!Indonesia!

Semalem final Piala Asia antara Iraq vs Arab Saudi yang akhirnya dimenangkan Iraq oeh gol tunggal Sang Kapten Younis Mahmoud.Saya ga bisa pastiin apakah karena simpati akan keadaan politiknya,ato karena perjuangan keras Iraq dari awal penyisihan, atau malah dendam pada Arab.Yang pasti saya lihat,baca dan dengar bahwa Stadion GBK semalam bergemuruh mendukung irak bak bermain sebagai tuan rumah,yang sebagian pendukungnya adalah pendukung timnas Indonesia.Di luar itu,saya pribadi SALUT pada Timnas Iraq,selain Timnas Indonesia.
Bravo Sepakbola Indonesia!

HOOOOY!

para pemirsa blogger sekalian...
maaf kayanya uda lamaaaa bgt saya g nulis2 lagi,hehe,

pas itu lagi msim ujian,trus kebetulan modem speedy saya ikutan stres hingga rusak,trus dibenerin g bener bener,ditambah saya lagi banyak urusan yang harus diurusi gitu de..

lagi banyak crita nih,memang liburan kali ini saya sengaja meminimalkan urusan dikampus,selain karena kampus baunya ga enak(hehe),saya kebetulan juga banyak rencana...
sdikit crita,abis ujian,saya bersama tim basket fk undip berkelana ke jakarta selama sminggu,seruuu bgt!trus tiap hari jalan ma tmn2 SMA,ngabisin kota semarang yang sempit ini,,trus baru kmaren saya k puncak merbabu!rasanya seperti kembali hidup!!

yah begitulah,,,dan pengalaman pengalaman di atas sepertinya akan saya critakan detailnya kepada pemirsa sekalian,,
jadi,,selamat menikmati "manusia-kamil"(lagi)...

Sunday, May 06, 2007

Saturday, April 28, 2007



















World No Tobacco Day 2007
Anak anak FK Undip di koordinir oleh PMM,ngadain rangkaian aksi simpatik. Di kampus,kita ngadain Akustikan,nonton bareng film Thank you for smoking.Trus dilanjutin dengan lomba mewarnai anak TK(seru loh!pesertanya 80 anak,ditambah para ortu dan gurunya yang nganterin,kampus saya tersa penuh bgt hari itu,,hehe).Dan di akhiri dengan Aksi jalan (kampus ke simpang lima) dan kita buka pos gede di tengah tengah simpanglima di minggu pagi itu,kita buka beberapa meja buat tensi-in orang2 secara gratis(jadinya ngantri gitu..). Utamanya kita behasil nukerin kurang lebih 300 gelas susu dengan rokok(1gelas dituker 1batang rokok).Trus rokoknya kita kubur deh di kampus.

Saya pribadi terharu ma semangat anak-anak sama kegiatan ini,tercatat 82 mahasiswa fk Undip ikut serta.Makasi buat Rinda,Handit,Vindi,Brambut,Hendi,Ucup buat ngoordinasi semuanya,terutama buat anak anak 2005 n 2006 yang g cukup space disini buat disebutin!Thx1000x!