Monday, December 10, 2007


DURIAN,Sebuah Dilema

Menurut saya Indeonesia memiliki 3 musim,bukan 2 saja. Musim kemarau,musim hujan,dan musim durian.hehe..
Memang belum ada data yang mendukung,tapi saya yakin lebih dari setengah penduduk di Indonesia baik umur produktif maupun tidak menyukai buah lezat ini.Tetapi yang tidak menyukainya pasti terbirit-birit bila mencium bau harum skaligus menyengat Raja Buah ini.

Kontroversial bukan hanya berkisar pada bau dan rasanya saja. Perbedaan pendapat merambah sampai masalah berbahaya atau tidak bagi kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Kebanyakan para dokter melarang pasien yang menderita penyakit darah tinggi atau jantung untuk tidak mengkonsumsi buah ini, dengan alasan bisa mengganggu kesehatan. Tetapi pendapat ahli gizi berbeda dengan para dokter, buah durian adalah buah bergizi bukanlah buah yang terlarang.

Menurut tulisan Prof. DR. Made Astaman, MS, Dosen di Departemen Teknologi Pangan dan Gizi IPB di harian kompas,bahwa komposisi gizi buah durian sangat beragam, tergantung dari jenis, umur buah (kematangan) serta tempat tumbuhnya. Namun secara umum, buah durian mempunyai kandungan gizi yang cukup.

Diluar itu,saya mendapati di sebuah sumber:Setiap 100 gram isi durian (tanpa biji) mengandung 2.7 gram protein, 3.4 gram lemak, 27.9 gram karbohidrat, 40 miligram kalsium, 1.9 miligram zat besi, 150 miligram vitamin A dan 23.3 miligram vitamin C. Zat makanan yang terdapat dalam durian itu memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun dibalik zat yang bergizi itu, durian mempunyai kadar kalori yang sangat tinggi. Untuk 100 gram isi durian bisa membekalkan 153 kalori.
Menurut sebuah penelitian, satu buah durian monthong, isinya bisa mencapai 600 gram, dan kadar kalornya bisa mencapai 978 kalori. Bisa kita bayangkan apa yang terjadi jika kita memakan empat buah durian monthong, atau pun durian jenis lain yang sama ukurannya. Kita akan mendapat tambahan energi yang cukup besar, dua kali kebutuhan perhari rata-rata manusia.

See?jadi mau gimana nih pemirsa?Kalo saya sih asik-asik aja makan durian asal ga kluar duit..
haha..^_^



2 comments:

raka said...

makan durian bisa bikin mati mil, kalo yang dimakan kulitnya

kamil said...

goblok