Thursday, November 06, 2008

Panitia Solat Ied-nya Payah!!



Sudah dari jaman SD sampe skarang, tiap solad Ied abis Ramadhan, kami beserta keluarga selalu melakukan solat Ied disini. Yap, di Simpang Lima ini..
Dan Sekali lagi saya mengalami kekecewaan pada panitia yang bertanggungjawab akan pelaksanaan Solat Ied yang setahu saya menjadi solat Ied pusat/resmi pemerintah kota Lunpia ini.

Dari Pengaturan Syaf atau barisannya. Panitia hanya menumandangkan lewat megaphone ga jelas itu bahwa pria di situ dan wanita disana. Tanpa mengatur jalur masuk, atau memberi tanda-tanda yang ’ lebih ’ jelas. Harusnya secara pengalaman sekian tahun, puluhan tahun, bahwa tidak mungkin bisa memisahkan antara pria dan wanita hanya dengan cara koar-koar ga jelas lewat megacot.
Sound nya.. Paraaaaaaaaaah! Volumenya pelan untuk mengganungi tempat luas terbuka seperti simpang5 ini. Ditambah pecah juga. Outputnya jadi ga jelas sama sekali. Sangat. Sangat merugikan jamaah.
Ketidak nyamanan lain mungkin bisa ditorelir..

Secara nalar, solusinya mudah saja.
Untuk syaf, panitia bisa turun pada pintu-pintu masuk area solat, mengarahkan para jamaah yang berdatangan dari jalur-jalur masuk tersebut.
Untuk sound, walau saya ga tau pasti, saya pikir sangat memungkin kan untuk meningkatkan kualitasnya. Konser-konser yang sangat sering diadakan di simpang5 ini saja selalu memakai sound kualitas nomor1 yang dapat ‘jelas’ di semua sisi simpang5, sampe keluar-keluar malah.
Dan lain-lain, demi kenyamanan dan kekusyukan ibadah intinya..

Dalam hal ini, pemerintah melalui badan yang ditunjuknya, entah apalah, berkewajiban untuk membuat situasi tersebut tadi lebih baik. Untuk rakyat. Yap,memang sulit jadi pemimpin.

Wuishh, uda kaya politikus aja sayah, hehe..

No comments: