Thursday, July 10, 2008






Ayam

Seperti pada manusia, anatomi makhluk vertebrata bisa dikatakan sama. Contohnya pada ayam.
Makhluk ber-daging enak yang pasti setiap hari di korbankan untuk memenuhi kebutuhan gizi umat manusiadi jagat raya ini.
Dan Mari kita tilik kesamaan atau bisa kita sebut ke- homologis-an si ayam dengan kita, bangsa manusia.hehe..

1. Batang tubuh
Kerangka tubuh manusia secara sistematis dapat dibagi menjadi 3 bagian besar. Kerangka yang menyusun batang tubuh ( Truncus), yang menyusun ekstrimitas atau biasa kita sebut lengan dan kaki, dan yang terakhir adalah Gelang Bahu dan Pinggul ( Cingulum Membri superior & inferior).
Batang tubuh, terdiri dari Batok kepala (Calvaria) ; susunan tulang-tulang belakang (vertebra);dan Tulang iga (costa & sternum). sama seperti manusia, si ayam memiliki semuanya. Batok kepala yang kebetulan ter-modifikasi rahang dan tulang pipinya menjadi sebuah paruh yang berujung lancip, mungkin karena dia makannya ga make sumpit, secra makanannya berupa cacing dan biji-bijian.
Tulang vertebra ayam memiliki lebih banyak dan kuat pada lehernya (cervical) juga pada ekornya ( cocsygeus) dan memiliki susunan vertebra yang lebih rapat pada dada (thoraks) dan pinggangnya (Lumbal).
Tulang iga ayam mungkin tak sebanyak manusia, yang unik disini si ayam memiliki tulang dada ( sternum) yang begitu besar beserta otot yang melingkunginya yang berfungsi untuk mengepakkan sayap,mungkin homologinya pada manusia adalah musculus pectoralis mayor. - Kita sering menyebutnya DODO MENTOG-
Skapula dan clavicula yang relatif berukuran kecil menghubungkan batang tubuhnya dengan pangkal sayapnya. Berbeda dengan kita yang memiliki otot punggung dan dada yang seimbang besarnya. sedang pada ayam lebih besar di dadanya. Dan ingat, ayam tidak memiliki payudara!!aneh kan kalau ada anak ayam menyusu pada induknya??

2. Gelang bahu dan Pinggul
Manusia memiliki tulang clavicula dan Skapula untuk menyambungkan ekstrimitas atas / lengan dengan batang tubuh setinggi dada. Ternyata si ayam juga memilikinya namun dengan perbandingan ukuran yang relatif kecil karena tadi, tulang dan otot dada lebih mengambil peran menggerakkan sayapnya (manusia seimbang antara dada dan punggung)
Gelang panggul (Pelvis) pada manusia lebih horizontal/datar dari milik ayam, yang menyebabkan si ayam tidak memilik proporsi bokong yang lebih besar seperti pada manusia.

3.Ekstrimitas
Pada ekstrimitas atas yang kalau milik kita sring kita sebut lengan. Ayam memiliki kesamaan yang banyak. Lengan atas berkerangkakan humerus, lengan bawah juga sama terdiri dari radius dan ulna. Nah baru pada susunan tulang telapak tangan (manus) ini yang termodifikasi. Tulang carpal dan metacarpal berbentuk lebih panjang untuk menjadi kerangka dari sayap si ayam. Dan tuklang phalang, yang pada manusia berfungsi sebagai jari tangan, karena ayam tidak memfungsikan jarinya, maka tulang-tulang jari tersebut berbentuk sagat kecil.
Pada ekstrimitas bawah/ kaki. Sama seperti manusia, paha berkerangkakan femur yang bersendi pada pelvis/ gelang panggul. dilanjutkan dengan susunan tulang tibia&fibula pada paha bawahnya(tulang kering dan betis). Keunikannya, femur pada ayam memiliki ukuran yang kecil dan pendekdan tibia fibula yang puanjaaang pisan (kalau kita makan kita sebut paha ayam, kalau anak kecil nyebutnya kentaki fredciken). Jadi kalau disimpulkan, si ayam sebenarnya memiliki lutut yang menghadap ke depan. Sedang yang kita kenal sebagai ceker ayam, kalau pada manusia merupakan tulang-tulang tarsal dan metatarsal ( tumit, engkel, dan punggung kaki) yang bentuknya memanjaang sekali. Lalu mereka memodifikasi tulang-tulang jarinya (phalang) sebagai pijakan pada tanah hidup mereka. Kalo dipikir hebat juga si ayam ini, tidak pernah berpijak pada tumitnya melainkan berjalan pada ujung jari-jarinya. Mungkin para penari balet meniru konsep si ayam ini. Hehe.

4. Organ dalam
Seperti yang telihat di gambar di atas. "jeroan" ayam terdiri atas paru-paru dan jantung yang mengisi dada, organ pencernaan berongga dari esofagus, lambung, usus kecil dan usus besar sampai pada rectum. Organ pencernaan padat mulai dari Hepar/hati/Liver , Limpa, empedu hingga pankreas. Ginjal dan kantung kemih (Rempelo) juga terdapat dalam ukuran yang relatif besar disamping organ pencernaannya juga berukuran besar tidak seperti manusia yang relatif tidak sebesar proporsi besar tubuh. Pada ayam ini juga terdapat organ reproduksi juga dengan ukuran yang besar pula.

Bagaimana pemirsa?Ribet ya penjelasannya?hehe..
Besok kalau makan ayam jangan sambil mikir ya!
Intinya saya iseng membahas ini,haha ;p

No comments: