Thursday, November 02, 2006

Kalo mnurut pandangan saya ada sesuatu budaya burukyang telah lama berlaku di setiap skolah2 saya,,dari SD,SMP,SMA,dan skarang di kampus saya..yaaa,smoga ini bukan budaya d skolah2 lain..
Satu kata,nyontek,yang saya maksud disini ya nyontek pas ujian,kerjasama dalam mngerjakan soal ujian…sbenernya banyak bgt jenis nyontek d dunia ini,,tp yg saya bahas di sini y itu td,nyontek pas ujian.
Gimana ya,,,memang ngga smua siswa d almamater saya yg nglakuin itu,dan setiap anak yang nglakuin itu pasti juga punya alasan sendiri sendiri,,misalnya aja si A terpaksa nyontek d suatu ujian gara2 dia ga blajar karna kmrnnya kluarga terdekatnya ada yg mninggal trus g sempet baca materi..Tapi,kalo ada oknum yg beralasan kalo dia nyontek buat ngebahagiain ortunya…dan alasan2 pseudo right lainnya (pseudo=semu)..apa itu bisa dianggap pantas??
Jujur saya juga termasuk oknum tersebut (dulu), syukur saya sudah berenti total saat saya masuk kuliah..memang harus di akui smua jalan pintas ato jalur instan umumnya sangat digemari,itu naluri manusia,,tetapi bertindak jujur,itu juga naluri manusia.
Di kampus saya,di kelas saya tepatnya,ada sebutan STRIKER,,bagi orang yg di anggap sbagai sumber jawaban(saat ujian).Dan sbelum ujian pasti,saya jamin,pasti,tmen2 mafia(sory mafia mgkn terlalu kasar tp saya g nemu kata lain) ini merancang tempat posisi tmpt du2k,tau sendiri untuk apa..bahkan semboyan”posisi mnentukan prestasi”masi saja di yel2kan..oh,ironis,,dan lagi bila terpaksa tidak bruntung mndapat posisi strategis,mreka asal saja menanyakan jawaban soal pada teman samping ato depannya..tragisnya lagi oknum tersebut adalah kakak kelas...sungkanlah kalo cuek..
Saya,mungkin jg yg lain,sangat mrasa risih bila brada dlm keadaan tersebut..serba salah..
uda tau lah negara kita banyak kacaunya,,termasuk kita2 jg yg buat kaco...
bener kata iklan "jalan pintas dianggap pantas"..
ironis

No comments: