Wednesday, January 03, 2018

Ternyata Sarkoma (part1)


Got my (another) surgery last thursday. Not A surprise fo me n wife coz it planned well since we had Kai inside my wife’s uterus. Kai born-my diaphragm surgery (the metas one)- then my main spine tumor. 
But it’s really cool coz totally i have 3 big incision on body, 1 of them is 3 times like hattrick, and some small incisions (iliac graft, chest chube, blablabla..)
‘Cool’ because even i couldn’t take the negativity out of my cranium, they will be having a party every single night, but if i have a light even it small like a candle versus black big ocean. We can live with it. We can see everything brighter.

Yes I am young, and it happens, I am special, at least for me my wife, kiana n kai, also my family there, Spritually to keep hi-low relation to the God.
I have low grade fibro sarcoma. Means: cancer. Number one nontraumatic modern human killer. I have that molecular problem since 10 years ago based on the pathological review from the first op. I dont know how He changed the diagnosis i got before in that milisecond hehehe, Alhamdulillah.

Don’t worry i keep my candle here, i will do something to the human who got the feeling like me. Another research, another surgery (ofcourse as a surgeon, coz i am neurosurgeon wannabe =] ), another help to their heart singing, their family struggling. They will see the human being shudn’t lost. 

Maybe not a big thing, but i m promise it will brighter than the darkness nightmare .
The winter was begin. kagoshima , desember 14th, 2017.
( diunduh dari postingan iG di akun saya @kamilmoon_ )
———

Bulan Oktober kemarin, di bawah bayang langit cerah berwarna ungu kelabu itu (lebay ya),, saat itu si prof memanggil saya, untuk ngobrolin hasil diagnosis saya. Kaget? Ya iyalah..
Hasil pemeriksaan analisis jaringan tumor saya: tumor diafragma kemarin, tumor di punggung dan spine (hasil FN biopsi terbaru), dan review parafin block tumor punggung saya hasil operasi tahun 2006&2014 di Indonesia (yang sebelumnya diagnosis PA-nya adalah Neurofibroma):
“ Low Grade fibromyxoid sarcoma “
.......
Nama yang cukup buruk untuk diderita pada diri. Iya, sarkoma termasuk jenis kanker.
.......
Saya memang cukup terlatih untuk tidak panik, mungkin karna pengalaman-pengalaman seru saya saat koas dan residensi dahulu. Jadi ingat saat operasi kraniotomi evakuasi EDH temporobasal dahulu di tengah malam di OK IGD rs.Sutomo. Tiba-tiba ada darah mengalir vertikal seperti air mancur, lalu saya (sebagai operator) refleks menggunakan ujung jari telunjuk saya untuk menghentikan hal itu. Nafas. Lalu becandain asisten saya supaya dia tenang karna terlihat tercengang panik beberapa saat. Lalu baru mikir lanjutnya ngapain. Iya, apapun ga boleh panik.

Kembali ke laptop.
Saya bergegas menemukan literatur mengenai jenis tumor saya membaca dengan teliti, lalu baru diskusi dengan ibunya anak-anak dan dengan keluarga besar saya. Dari badai ini ternyata banyak banget yang bisa disukuri, karna jenis kanker yang ga terlalu agresif dan ganas, walau dengan angka rekurensi (kekambuhan) yang cukup tinggi dan penyebaran / metastasis yang cukup tinggi pula. Iya buktinya saya sendiri uda kambuh sampai operasi 3x di punggung dan satu kali di diafragma saya (metastasis). Jadi ya saya mirip-mirip anggap aja kaya anggotanya X-men yang punya kemampuan khusus ga bisa ngendaliin pertumbuhan tumor, hehehe..
InsyAllah harapan hidup saya besar secara biologis, dan sepertinya menjadi tantangan yang sangat seru untuk jalanin cerita hidup saya yang masih panjang ini.

Gondok dengan misdiagnosa penyakit saya sebelumnya? Ada sih sedikit. Tapi apa daya saya lupa caranya menyesal =]

We are all a fighter and love to fight, right?


(Gambar: sesaat sebelum masuk ruang operasi tumor punggung saya awal desember kemarin)

No comments: