Tuesday, July 27, 2010

manusia kamil datang

Leonardo da Vinci. Seorang makhluk yang pernah hidup di tahun 1452-1519. Dia adalah lengkap sekali sebagai seseorang dengan volume otak yang hanya 1200cc. Pujangga kelas diatas kelas kakap, pelukis dan pemahat yang elok, pemain musik yang mumpuni, ilmuan mahir, ahli matematika, arsitek ulung, inventor yang jenius, ahli ilmu bumi dan ahli pemetaan istimewa, ahli ilmu pertanian, ahli ilmu anatomi cerdas, dan penulis karya super indah.

Terbukti nama dan semua karyanya terasa abadi, walau tak terasa dia hanya berkesempatan hidup 500an tahun lalu dari detik sekarang.

Baginya, manusia adalah seonggok mahkluk sempurna karena setiap sudutnya tercipta sebegitu elok, dilengkapi oleh sebuah sistem saraf berupa otak dan susunan beribu-ribu sistem lainnya hingga memiliki nilai seni yang begitu luhur.

Iya, sebegitu sempurnanya hingga makhluk setan iri sampai selamanya. Dan akankah kita, manusia yang tercipta sempurna ini melupakan kodrat yang semestinya sebagai makhluk ter-lengkap? Memang proses hidup akan selalu jauh dari kesempurnaan yang hanya dimiliki oleh-Nya. Tapi akankah kita selalu terlelap dalam ketidaksadaran akan pemberian terlengkap, tersempurna dibanding makhluk lain?


“ Human subtlety will never devise an invention more beautiful, more simple or more direct than does nature because in her inventions nothing is lacking, and nothing is superfluous.

-Leonardo da Vinci-

No comments: