Friday, October 16, 2015

1st Month on Far East : 'Sawang Sinawang'

Mungkin adalah sebuah keseruan khusus, berada di tempat 'asing'. Dimana cuma ada beberapa 'sesama' didalamnya. Bisa macem macem, sesama orang indonesia, sesama muslim, sesama researcher, sesama penghuni asrama. Minoritas menjadikan anggotanya memiliki ikatan khusus selalu. 

Komunikasi adalah sisi makhluk hidup, bahkan secara biomolekularpun, ekspresi gen yang bener bener kecil itu, tujuan akhirnya adalah komunikasi antar sel. Oke, saya pindah hidup di negara, lingkungan, yang bahasanya asing, nihonggo, yang pakai bahasa inggrispun gagal bikin komunikasi lancar. Mungkin bisa juga sih saya yang eror lawong bahasa inggris saya aja sparonya bener bener ngasal. oke, saya akan menguasai bahasa Jepang secepatnya, insyaAllah. 

4.5 tahun, Maaaan! 

lama. sebentar. cepet. 

dilihat dari usia saya, 29tahun, rencana ntar balik ke indonesia for good itu saya baru 34 tahun, nyelesein sisa skolah di surabaya yaa kirakira 2tahun lah , itu 36, pensiun itung aja 60. dibanding apa yang bakal saya jalanin di masa 'uda jadi' dibanding 4.5tahun hidup rantau di sini, naik psawat sharian dari rumah, itu itungannya bentar. 
Tapi coba deh tambahin dari awal sekolah: sd-smp-sma 9th, s1: 6tahun, spesialis 5.5th, phD 4.5th (kedua trakhir itu kalo lancar ya , amiin amiin insyaAllah) total 25tahun. 

anjis. lama yak.

Sebentar, mungkin untuk ngekstraksi dna dari e.Coli piaraan itu butuh waktu seharian, biar dapet sampel cukup buat satu judul pnelitian di laborat itu butuh berbulan bulan. Kayanya 4tahun ngepas banget.

cepet? hmmm diliat dari sisi itung itungan hidup, hidup disini insyaAllah hampir lima tahun itu dibanding saya di indonesia, itu bener2 cepet. (saya uda ngabisin waktu hidup d indonesia hampir 30tahun, so far)

kata orang 'time flies' tapi jika dirasakan detik detik nya, waktu itu kaya ga bergerak. apalagi pas kudu ngandalin rasa sabar buat hal hal yang bikin ga nyaman. Kadang manusia sangat ingin semua cepat berlalu, kadang sering juga tak ingin waktu terlewatkan secepat itu. Relatifitas yang dipengaruhi rasa secara absolut. iya, kita, homo sapien, umat terakhir Rasul.

Mungkin posisi saya bisa dianggap negatif, jauh dari keluarga, ninggalin istri dan anak bayi ( baru lima hari pas saya bording, kurang keren apa coba?), ninggalin pendidikan yang nanggung banget, uda 3/4 jalan dan hampir slese, dll dll

Tapi positif nya juga banyak sekali, banyaaak sekali. Detik ini pun saya amat besyukur bisa di posisi saya sekarang, tanpa ragu. Dan ingin rasa ini ditetapkan terus sama yang ngatur rasa.

jika lihat dunia luar, orang lain. kita pun selalu bakal iri. pasti. 

tapi begitulah, sawang sinawang.

All is well 
All is well

K- Kagoshima.

No comments: