Saturday, October 01, 2011

Back to Basic!

Ilmu, iya, ilmu apa aja semua bakal berkembang (saya lagi ga ngomongin ilmu agama yaa), kebetulan saya bergelut di bidang yang secara global trus-trusan ngupdate ilmunya yang bahkan ngikutinnya aja perlu dedikasi tinggi. Mungkin juga begitu dengan ilmu lain.

Tapi tentu, pada dasarnya smua ilmu itu punya 'dasar'. Kaya Basket, gerakan gerakan dasar offense yang dirangkum di tripletreat(passing-dribbling-shooting). Ato di bidang saya sebagai dokter umum, ada anatomi, fisiologi, biokimia. Begitu juga di bidang-bidang yang spesialistis, pasti ada dasar yang menjadi fondasi perkembangannya.

So far saya perhatiin, dari rangkaian acara ilmiah yang barusan saya ikutin (seperti gambar diatas) atau ilmu yang saya curi dan dapat dari para guru saya, terdapat ke-khasan pada isi dari lecture atau kuliah mreka, saya nilai, bahwa semakin dalam ilmu mreka, justru ilmu dasar mereka muncul ke permukaan. Mungkin sulit ngejelasinnya, maksud saya mreka kliatan bener-bener 'megang' sama ilmu dasar mereka tanpa menghilangkan lagkah-langkah termaju sesuai perkembangan terkini. Terlihat jelas mereka sudah kbanyakan garam alias pengalaman membentuk mereka menjadi guru yang visioner dan paham akan apa yang mreka bagi.

Ada contoh ni, ada salah1 guru (terhebat) saya, prof.Arita. Ketika sedang mengajarkan tekhnik operasi pada murid-muridnya (dari beberapa negara), lalu ada yang menanyakan:
"professor, I've seen proffesor J... (saya lupa namanya, pokoknya profesor bdh srf legendaris Amerika) did this kind of operation by ...* metode. Why are u still teach us this metode, this is traditional thing?" (*: anggap aja metode keren)
"yeah right, Prof.J is genius, but I am lay person, so you are all now. And I just teach you what u can do after this without become genius person."
hmm, ngerti ga yang barusan, dia sebagai personal memegang teguh basic ilmunya padahal saya yakin dia nguasain ilmunya itu sampe tingkat tinggi. Dan sebagai guru, dia bukan pelit ilmu, tapi memberi dasar-dasar yang kuat pada muridnya.

hehe, omongan saya normatif banget ya..
Mari kuatkan basic, dan mari melaju menembus langit. =]

No comments: